Utuh Diyang Tanjung Wajib Promosikan Banua

0

TERPILIH sebagai Utuh Diyang Tanjung 2022, Rolan Pratama dan Aulia Azizah akan bertugas selama satu tahun ke depan sebagai ikon Tabalong.

KEDUANYA juga akan bertugas menjalankan program komunitas Pawadahan Utuh Diyang Tanjung satu tahun ke depan, dan berkewajiban berperan aktif dalam usaha pelestarian kebudayaan daerah.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tabalong selaku penyelenggara Pemilihan Utuh Diyang Tanjung Masdulhak Abdi, Utuh Diyang terpilih akan bertugas sebagai Duta Kebudayaan yang tidak hanya mempunyai kewajiban dalam hal yang berkenaan dengan kebudayaan, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial, pendidikan keagamaan, pelestarian lingkungan, dan kepemudaan.

“Mereka juga wajib melindungi, membina, mengembangkan dan memanfaatkan setiap objek pemajuan kebudayaan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Utuh Diyang Tanjung yang terpilih ungkapnya sebagai generasi yang beradab, berbudaya, cerdas, kreatif, dan berkarakter harus mampu memberikan pengabdian terbaiknya kepada negara khususnya kepada Kabupaten Tabalong, Bumi Saraba Kawa.

BACA: Wahyu dan Saidah Ulfah Terpilih jadi Utuh Diyang Tanjung 2021

“Terlebih-lebih di era modern yang serba canggih ini, Utuh Diyang Tanjung harus siap dan mampu berada di segala waktu dan tempat, baik di depan, di tengah dan di belakang sebagai pembawa manfaat dalam setiap kegiatan positif,” tambahnya.

Untuk mewujudkan harapan ini utuh diyang Tanjung harus bersedia dan mampu mendedikasikan dirinya menjadikan Tabalong terdepan melalui kebudayaan. Dengan moto Utuh Diang Tanjung, Babudaya Tumatan Dikidam Malas Tariakan Seni Budaya Sampai Kamati.

“Kita semua berharap dapat mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai daerah yang maju dan menjadi salah satu destinasi tujuan wisata budaya baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” tegas pria kece berkacamata ini.

Utuh Diyang Tanjung merupakan sosok generasi muda yang multi talenta selain banyak dilibatkan dalam kegiatan resmi pemerintah daerah, utuh diyang Tanjung juga harus mampu menampilkan seni budaya daerah dan harus piawai mempromosikan potensi kekayaan dan keberagaman kebudayaan daerah agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Mereka akan selalu dipakai sebagai salah satu ikon banua, Kabupaten Tabalong tercinta,” bebernya.

Diketahui, Dalam Pemilihan Utuh Diyang Tanjung tahun 2022 ini, Rolan Pratama dan Aulia Azizah berhasil menyingkirkan 11 pasangan Utuh Diyang lainnya. Selain mereka berdua, terpilih sebagai Utuh Diyang Tanjung 2022 Terfavorit M Naudfal Aditya R dan Siti Aulia Amalia Rahma.

Grand Final Utuh Diyang Tanjung 2022 sendiri berlangsung di Aula Pendopo bersinar Tanjung pada Rabu (10/8/2022).(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.