Tanbu Peringati HUT ke-72 Provinsi Kalsel di ‘Aksi Bersih-Bersih Lingkungan’

0

HARI Ulang Tahun (HUT) ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Prov. Kalsel) diperingati setiap 14 Agustus, maka Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dan masyarakat setempat menggelar aksi bersih-bersih lingkungan serentak, Jumat (12/8/2022).

“BERSIH-bersih lingkungan menindaklanjuti surat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kalsel,” ucap Kepala DLH Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo, di Batulicin.

Rahmat mengatakan, pembagian tempat pelaksanaan kegiatan diserahkan ke masing-masing SKPD. Meski arahan DLH Provinsi di jalan protokol kabupaten, namun lokasi pelaksanaan kegiatan oleh beberapa pihak terkait bervariasi, yaitu sekitar lokasi kantor pemerintahan dan desa.

AKSI bersih-bersih lingkungan, jelasnya, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar tergerak mengelola sampah dari hulu sampai hilir. Sekaligus memberikan edukasi ke semua pihak, mengingat konsep pengelolaan sampah secara sederhana dimulai dari diri sendiri. Yaitu taat jam buang sampah dimulai dari pukul 18.00 – 05.00 Wita, serta ketaatan membuang sampah di tempat pembuangan sampah yang telah ditentukan.

BACA: Wujudkan Serambi Madinah, Pemkab Tanbu Bersih-Bersih Mesjid dan Jalan Batu Benawa

“Melihat antusias berbagai pihak sangat besar, direncanakan ke depan menjadi agenda rutin agar kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar dapat menjadi bagian keseharian. Bahkan membudaya pada masing-masing individu, tidak terkecuali Kabupaten Tanah Bumbu yang menghadapi persiapan pemantauan Adipura oleh tim pusat, ekoregoin, dan provinsi,” katanya. 

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti. “Pelaksaan bersih-bersih ini pada Sabtu 13 Agustus 2022 diikuti 14 Dinas/Badan, 5 Kecamatan, 2 Kelurahan, dan 24 Desa, dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan ke DLH Tanah Bumbu,” sebutnya.

Meski begitu, sambungnya, tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa SKPD atau pihak lainnya juga melaksanakan kegiatan bersih-bersih di hari tersebut. “Walau belum terlaporkan pelaksanannya, ini bentuk kepedulian kita terhadap daerah yang kita cintai ini, ” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.