PLN Sudah Bebaskan 100 Persen Jalur ROW SUTT 150 Kv Selaru-Sebuku

0

PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) terus mengupayakan percepatan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV jalur Selaru – Sebuku, di Kabupaten Kotabaru.

AKSELERASI pembangunan proyek strategis nasional dalam bidang kelistrikan tersebut. Salah satunya dengan pembebasan lahan pada jalur Right of Way (ROW) atau ruang bebas di sekeliling dan sepanjang kabel konduktor SUTT yang saat ini sudah diselesaikan secara keseluruhan atau 100 persen.

General Manager PT PLN UIP KLT, Josua Simanungkalit mengungkapkan pembangunan SUTT jalur Selaru – Sebuku di Kabupaten Kotabaru ini terdiri dari 109 tapak tower dan 108 span ROW, yang melalui 5 desa serta 3 kecamatan dan PLN sudah berhasil melaksanakan pembebasan ROW secara menyeluruh.

BACA : Fokus Pembangunan SUTT 150 kV Selaru Sebuku, PLN Bangun 6 Pondasi Tower di Selat Sebuku

“Berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat, mitra dan stakeholder upaya penyediaan ROW proyek SUTT 150 kV Selaru – Sebuku telah berhasil diselesaikan,” kata Josua dalam keterangannya, Senin (15/8/2022).

Dia menjelaskan dukungan dari stakeholder salah satunya adalah PT Bersama Sejahtera Sakti yang bergerak di bidang perkebunan kepala sawit. Dengan komunikasi yang baik PLN sendiri sudah mendapat izin pengerjaan di areal perusahaan tersebut.

BACA JUGA : Target Rampung 2022, Pemkab Kotabaru Apresiasi PLN Bangun SUTT 150 kV Selaru-Sebuku

“Untuk areal span yang berada dalam kawasan perkebunan sawit milik PT Bersama Sejahtera Sakti. Sebelumnya, telah didukung dengan pemberian izin untuk pengerjaan di areal perusahaan tersebut,” beber Josua.

Menurut dia, kini PLN UIP KLT telah menandatangani perjanjian dengan PT Bersama Sejahtera Sakti, sehingga seluruh lahan ROW pada proyek SUTT 150kV Selaru – Sebuku berhasil diselesaikan.

BACA JUGA : Amankan Aset Bernilai Rp 77,7 Miliar, 350 Sertipikat Tanah Milik PLN Telah Diterbitkan BPN

“Dengan ditandatanganinya perjanjian oleh PT Bersama Sejahtera Sakti maka PLN sudah berhasil menyelesaikan pembebasan ROW di proyek SUTT 150kV Selaru – Sebuku,” ujar Josua.

Dia juga mengapresiasi upaya dari seluruh stakeholder yang terlibat dalam melakukan pendampingan pembangunan ini, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Khususnya, dalam pendampingan masalah hukum yang dilaksanakan bersama Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kejati Kalsel) dan pendampingan pengamanan program dan sasaran strategis di bidang ketenagalistrikan bersama Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Selatan (Binda Kalsel).

BACA JUGA : Topang Kawasan Industri SILO di Kotabaru, PLN Bangun SUTT 150Kv Selaru-Sebuku

“Pendampingan tersebut merupakan muara dari kerjasama berupa MoU yang telah disepakati dari PLN Pusat baik bersama Kejaksaan Agung dan Badan Intelijen Negara Republik Indonesia untuk mengawal Proyek Strategis Nasional di Bidang Ketenagalistrikan” imbuh Josua.

Pembangunan proyek SUTT 150kV Selaru – Sebuku diproyeksikan akan menambah keandalan sistem kelistrikan di Provinsi Kalsel. Sebab, lokasi ini menjadi salah satu penyangga energi bagi kawasan Ibukota Negara (IKN) yang baru nantinya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/tag/pt-bersama-sejahtera-sakti/
Penulis Rahman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.