Target Rampung 2022, Pemkab Kotabaru Apresiasi PLN Bangun SUTT 150 kV Selaru-Sebuku

0

PROGRESS pembangunan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150  kiloVolt (SUTT 150 kV) Selaru – Sebuku sudah 68,63 persen.

STRUKTUR untuk keperluan transmisi dan distribusi tenaga listrik yang berfungsi mengantarkan ‘setrum’ ke tempat yang jauh garapan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT). Pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku ini mendapat perhatian dari Pemkab Kotabaru.

“Kami mendukung penuh pembangunan SUTT 150 kV karena menjaga sistem kelistrikan Kalsel menjadi lebih andal, terutama di Kotabaru,” ucap Sekda Kabupaten Kotabaru dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).

Menurut dia, selama ini, listrik di kawasan Sebuku hanya bisa menyala 12 jam dalam sehari, sehingga pada pukul 17.00 atau 5 sore sudah padam.

BACA : Fokus Pembangunan SUTT 150 kV Selaru Sebuku, PLN Bangun 6 Pondasi Tower di Selat Sebuku

“Kami berharap, dengan adanya pembangunan SUTT ini, masyarakat di 12 desa di sana, mendapatkan listrik 24 jam,” kata Said Ahmad.

Apalagi, menurut dia, di kawasan Sebuku terdapat kawasan industri yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni Industri Sebuku. Tentunya, beber Said, banyak terdapat perusahaan dengan operasional tinggi. Sebut saja misalnya PT SILO. Artinya, dengan adanya pembangunan SUTT ini bisa mendongkrak lagi perekonomian di Kota Baru.

BACA JUGA : Warga Desa Betung-Langkang Baru Dukung Pembangunan SUTT 15 kV di Kotabaru

“Dengan adanya SUTT ini juga memancing investor masuk ke Kecamatan Sebuku. Karena syarat untuk menetapkan cost murah itu salah satunya pelayanan listrik murah dari PLN, selama ini perusahaan yang ada berjalan juga dengan biaya yang tinggi, menggunakan solar dan batubara untuk energi listrik mereka,” paparnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabaru, Said Akhmad. (Foto Istimewa)

Sekda Said bersyukur dengan adanya ada pembangunan SUTT di Sebuku ini. Bahkan diakui Said, pihaknya sudah berkoordinasi langsung dengan PLN. Informasi teranyar, pembangunannya selesai pada tahun 2022 ini.

BACA JUGA : Topang Kawasan Industri SILO di Kotabaru, PLN Bangun SUTT 150Kv Selaru-Sebuku

“Hal ini juga pastinya akan berdampak bagi masyarakat dan bagi kami sebagai pemerintah daerah Kotabaru. Karena akan lebih banyak investasi yang masuk.  Pendapatan asli daerah (PAD) juga akan bertambah, ada pemberdayaan masyarakat dan pengangguran juga pastinya akan berkurang di sana. Selain itu, dampak positif lainnya adalah internet, yang juga akan mulai masuk di Sebuku,” terangnya.

Masih menurut Said, mayoritas masyarakat di Sebuku adalah nelayan. Tentunya, akan terbantu dengan adanya pasokan listrik ini. “Mereka juga akan lebih lama untuk mendinginkan es. Sehingga produk perikanan mereka bisa terjaga kualitasnya,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Rahman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.