Majelis pembimbing Dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Kalsel Dilantik

0

MAJELIS Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka (SAKA), serta Badan Pengelola Gedung Pramuka Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel resmi dilantik, Rabu (10/8/2022).

PELANTIKAN yang dilaksankan di Gedung Mahligai Pancasila, oleh Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah, diwakili oleh Wakil Ketua Organisasi dan Hukum M Rusli.

Dalam sambutanya M Rusli mengatakan, agar para anggota Majelis Pembimbing, Pimpinan SAKA dan Badan Pengelola Kwarda Kalsel yang baru dilantik dapat mengambil peran, bergerak memajukan pramuka di Kalsel.

“Satuan Karya Pramuka yang lebih dikenal dengan SAKA adalah pembinaan peserta didik pramuka selain di Gugus Depan. Tentunya ini menjadi tantangan kepada Mabi dan Pinsaka untuk dapat menghadirkan metode dan program latihan yang lebih berbeda, menarik dan menantang,” ujarnya.

Era globalisasi yang serba cepat dan memanjakan masyarakat, sangat menantang bagi perkembangan pramuka. “Kiranya pengetahuan dan perkembangan teknologi dapat diimbangi dengan perkembangan kemampuan anggota pramuka, mampu bersaing dan berkontribusi di tengah masyrakat,” harapnya.

Majelis Pembimbing dan Pimpinan SAKA adalah berasal dari unsur forkopimda dan SKPD di Kalsel. Memimpin dan membina 11 SAKA yang ada di Kalimantan Selatan, yaitu, Polda Kalsel – SAKA Bhayangkara, Korem 101/ANT SAKA Wirakartika, Lanal Banjarmasin – SAKA Bahari, Lanud Syamsudin Noor – SAKA Dirgantara, BKKBN Kalsel – SAKA Kencana, Dinas Kesehatan Prov Kalsel – SAKA Bakti Husada, Dinas LH Kalsel – SAKA Kalpataru, Dinas Kehutanan Kalsel – SAKA Wanabakti, Dinas Pertanian Kalsel – SAKA Taruna Bumi, Dinas Pariwisata Kalsel – SAKA Pariwisata, Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kalsel – SAKA Widya Budaya Bakti. Ditambah dua SAKA rintisan dari Basarnas Kalsel – SAKA Avignam dan BPOM Kalsel – SAKA POM.

Pelantikan ini, diharap dapat meningkatkan dan membangkitkan kembali gairah kegiatan satuan karya pramuka, yang selanjutnya mendorong anggota pramuka untuk lebih lagi dapat berkiprah di tengah masyarakat, sehingga kualitas sumber daya manusia dapat lebih baik lagi.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.