Sabar dan Tetap Semangat, Kunci Sukses Deasy Arisanty Jadi Guru Besar Bidang Geografi di FKIP ULM

0

MENJADI seorang guru besar bidang geografi di Universitas Lambung Mangkurat, sangat disyukuri Prof Dr Deasy Arisanty,M.Sc.

BENAR saja, dalam mencapai gelar akademik tertinggi itu tidaklah mudah dan pastinya memakan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Meski demikian, perempuan usia 40 tahun kelahiran Gantung, Belitung Timur itu meyakini bahwa ia mampu meraih itu semua.

“Prosesnya memakan waktu 2 tahun. Alhamdulillaah SK turun per 1 Juli 2022 dan prosesi pelantikannya bulan Agustus. Persiapan pun tidak mudah mulai dari pemenuhan tri dharma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian, pengabdian, dan unsur penunjang lainnya. Publikasi scofus tidak mudah. Menghasilkan sekian banyak publikasi. Belum lagi perihal revisi, gak mudah untuk memperbaikinya,” ucapnya saat ditemui di ruangannya.

BACA : Beri Pemahaman Mitigasi Bencana, Pendidikan Geografi ULM Gelar Riset Di Bangkit Baru Batola

Deasy bilang, sebelum ia terjun sebagai profesor di bidang geografi, ia lebih menyukai bidang fisika dan kimia. Namun karena ia sempat membaca tentang ilmu kebumian akhirnya ia tertarik apalagi tentang kebencanaan dan lingkungan.

Lebih lanjut, perempuan lulusan UGM ini menyampaikan bahwa apa yang didapat saat ini adalah berkat dari orang-orang sekitarnya yang terus memberikan dukungan untuk terus semangat dan pantang mundur.

“Sebetulnya bukan dicapai atas diri sendiri, tetapi orang sekeliling luar biasa memberikan dorongan. Institusi, keluarga, semua mendukung saya. Saya bersyukur dikelilingi orang-orang baik,” jelasnya penuh rasa syukur.

BACA JUGA : Ajang Promosi Ekonomi Dan Wisata, Pendidikan Geografi FKIP ULM Gelar HIMA Geo Youth Action

Belajar sabar, dan tetap semangat walaupun ditimpa tekanan yang cukup berat adalah kunci utama Deasy sehingga ia dapat memperoleh gelar tertinggi tersebut. Karena Deasy meyakini tidak ada masalah yang tidak ada solusi.

Deasy yang saat ini juga berstatus sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan Geografi FKIP ULM menargetkan dirinya untuk terus mempertahankan publikasi dan dapat menjadi dosen produktif dalam menghasilkan karya-karya ilmiah. 

“Untuk mahasiswa saya terus mendorong mereka untuk mengikuti kegiatan MBKM. Biar punya pengalaman dan lebih tangguh. Pengalaman bisa jadi modal mahasiswa ketika ia lulus nanti,” harap Deasy saat ditanya pesan untuk mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP ULM.

Terakhir, untuk para dosen pengajar Pendidikan Geografi, FKIP ULM, Deasy menyampaikan ia akan terus memberikan dorongan dan dukungan untuk selalu produktif dan menghasilkan karya ilmiah sendiri.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.