Pembangunan Lanjutan Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Dianggarkan Rp 150 Miliar di 2023

0

PEMERINTAH Provinsi Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), berkomitmen untuk terus melanjutkan proyek pembangunan jalan bebas hambatan atau tol Banjarbaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

MEGA proyek dengan panjang sekitar 125 kilometer tersebut hingga kini masih terus digenjot, dan pada tahun 2023 mendatang dianggarkan dana Rp 150 miliar untuk mendukungnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel M Yasin Toyib, usai rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPRD Kalsel, di Banjarmasin.

BACA : Cari Investor, Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Butuh Dana Rp 7 Triliun

Menurut M Yasin, Agenda khusus RDP siang itu adalah membahas realisasi berbagai program kerja dinas PUPR hingga Bulan Juli 2022 ini, salahsatunya perkembangan jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin.

“Untuk jalan tol tetap dikerjakan sesuai kemampuan dana yang didapatkan. Dari total jalan 125 kilometer yang sudah dikerjakan dari sisi Banjarbaru sampai Gunung Batu Sungai Luar 10 Km dan Batulicin 10 Km.

“Tahun 2023 kita anggarkan kurang lebih Rp 150 miliar. Memang tidak bisa selesai tahun 2023 dan dilanjutkan 2024. Sambil kita juga minta bantuan Kementerian PUPR pusat untuk area ruas tengah jalan karena ada arahan tambahan anggaran dari pusat untuk pembuatan jalan tol,” terang M Yasin.

Yasin mengakui, hingga kini tak ada kendala yang dihadapi, dalam pengerjaan proyek ini, meskipun sampai saat ini belum ada kucuran anggaran dari pusat, karena kewenangan jalan memang masih di area provinsi.

BACA JUGA Jalan Tol Batulicin-Banjarbaru Sedot Dana Rp 2 Triliun

Dijelaskan, sudah belasan jalan dan jembatan pendukung yang dibangun dalam pengerjaan jalan bebas hambatan yang menghubungkan KEK Batulicin dengan Ibukota Provinsi Kalsel ini.

Diantaranya pembangunan pada tahun 2019 Jalan Awang bangkal-Temunih, Jalan Temunih-Kodeco 58, Jembatan Sungai Temunih dan Sungai Kusan.

Selanjutnya pembangunan pada tahun 2020 jalan Awang bangkal Temunih, Jalan dan Jembatan Temunih Kodeco 58, Jembatan Sungai Temunih II, Jembatan Sungai Kusan II dan Jalan Gunung Batu-Sungau Luar, jembatan Aranio.Kemudian pembangunan tahun 2021 jalan Sungai Baru-Kusan, Jalan Kusan-Temunih, Jalan Kodeco 58 dan Jalan Gunung Batu Sungai Luar.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Hasanuddin Murad mengatakan prinsipnya kalau dalam rangka membuka isolasi, jalan tol dari Banjarbaru tembus Batulicin tentunya harapan memperpendek jarak dan mempercepat mempermudah akses ke Batulicin.

“Kami dari Komisi III DPRD Kalsel mendukung saja program Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut,” pungkas Hasanuddin Murad.(jejakrekam)

Pencarian populer:panjang tol banjarbaru-batulicin
Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.