Butuh 15 Liter Beras dan 41 Macam Sayur, Tradisi Bikin Bubur Asyura di Pekapuran Laut

0

TRADISI membikin bubur Asyura dengan 41 macam bahan menjadi keniscayaan bagi warga Banjarmasin dalam memperingati 10 Muharram atau Hari Asyura.

RITUS ini pun dilestarikan warga  Gang Penghulu dan Gang Hampara Raya RT 13 dan RT 14, Pekapuran Laut, Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin Tengah, Senin (8/8/2022).

Dengan cara bergotong royong, warga pun sedari awal menyiapkan bahan-bahan untuk membuat bubur Asyura yang dimasak dalam kuali besar atau kawah dalam bahasa Banjar.

Ketua Pelaksana Pembuatan Bubur Asyura Gang Penghulu dan Hampar Raya, Pekapuran Laut, Hj Rafiah mengatakan tradisi membuat bubur dengan bahan utama beras serta toping lainnya seperti aneka sayur-mayur plus daging merupakan ‘ritual tahunan’.

BACA : Mengenang Perjuangan Para Nabi dan Rasul dengan Tradisi Memasak Bubur Asyura

“Untuk ongkos membuat bubur Asyura ini, kami patungan dari hasil swadaya masyarakat,” ucap Rafiah kepada jejakrekam.com, Senin (8/8/2022).

Menurut dia, untuk membuat bubur Asyura dibutuhkan sedikitnya 15-20 liter beras dan 41 jenis sayuran. Diolah dengan bumbu khas bubur Asyura, hingga menghasilkan ratusan bungkus.

BACA JUGA : Peristiwa Padang Karbala dan Tradisi Bubur Asyura

Ditambahkan Rismaniah, ada sekitar 200 bungkus bubur Asyura dibagikan kepada warga sekitar dan umum. Utamanya untuk menu berbuka puasa sunah Asyura.

Senada itu, Ketua RT 13 Pekapuran Laut, Maskiah memastikan kegiatan semacam ini akan terus dilanjutkan tiap tahun. Karena terbukti mampu menyatukan seluruh warga.

“Apalagi, warga juga sangat antusias bergotong royong membuat bubur Asyura. Bahkan, saat pembagian juga ada rasa bahagia bisa berbagi kepada sesama,” ucap Maskiah.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/08/08/butuh-15-liter-beras-dan-41-macam-sayur-tradisi-bikin-bubur-asyura-di-pekapuran-laut/
Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.