Semangat Kemerdekaan di Kampung Merah Putih Pekapuran Laut

0

MENJELANG Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 1945 hampir semua pemukiman penduduk terhiasi beraneka ragam atribut bendera merah putih, hingga terlihat semarak. 

SEPERTI kawasan Jalan Pekapuran Laut, Gang Penghulu RT 13 dan Gang Hamparaya RT 12, Kelurahan Pekapuran Laut, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin pada Sabtu (6/8/2022). Sangat antusiasi laki-laki, anak-anak muda, emak-emak bahu membahu menaikkan bendera. Dan mereka pun tak kenal lelah, yang menandakan segera dimulainya peringatan kemerdekaan RI tersebut.

Menurut salah seorang emak-emak, Maskiah (49), Ketua RT 12, mengungkapkan, mereka termotivasi dari semangat 45, sehingga menjadikan pemukiman mereka merah putih. “Kami menyulap lingkungan menjadi kampung merah putih. Bergotong royong mengecat pagar rumah, gapura, hingga jalan masuk gang, dengan nuansa merah putih,” ucapnya. 

Senada itu, tokoh masyarakat Syarifudin, mengatakan, pihaknya membuat kampong dengan semangat kemerdekaan merah putih. “Ini semangat emak-emak yang sangat antusias,” tandasnya.

Semangat Kemerdekaan di Gang Penghulu, Pekapuran Laut, Kota Banjarmasin.

BACA: Jemput Rezeki Tahunan, Pedagang Bendera Merah Putih Marak Jelang Tujuhbelasan di Banjarmasin

Selain melakukan pengecatan, emak-emak juga rela merogoh kocek mereka untuk membeli cat dan pernak pernik kemerdekaan. Meski akhirnya ada saja pihak yang membantu untuk keperluan merias kampung. “Semangat emak-emak merias kampong merah putih di HUT Kemerdekaan RI,” bebernya.

Ketua RT13 Kelurahan Pekapuran Laut, Siti Khairunnisa, mengapresiasi, warganya yang bersemangat bergotong royong dalam menciptakan kemeriahan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini. “Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada warga khususnya, ibu-ibu yang rela bergotong royong pada kegiatan HUT RI kali ini,” jelasnya.

Selain mendekor kampung mereka, warga setempat juga akan menggelar upacara kenaikan bendera di depan Gang Penghulu pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Warga Gang Hamparaya, Radiawati, tak mengelak, jika di depan Gang Penghulu dan Gang Hampar Raya semua warga mengikuti peringatan HUT RI, pada 17 Agustus 2022 nanti,” imbuhnya. //jejakrekam

Penulis Sirajuddin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.