Fokus Pembangunan SUTT 150 kV Selaru Sebuku, PLN Bangun 6 Pondasi Tower di Selat Sebuku

0

PEMBANGUNAN Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kiloVolt (SUTT 150 kV) Selaru – Sebuku yang dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) terus digenjot.

APALAGI, pembangunan SUTT 150 kV Selaru – Sebuku mendapatkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat di Kotabaru dan Pulau Sebuku. Hal ini semakin memotivasi UIP KLT untuk segera menyelesaikan pembangunan SUTT.

Seperti Kamis (22/07/2022) lalu, General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT), Josua Simanungkalit melakukan kunjungan kerja di lokasi pembangunan.

BACA : Warga Desa Betung-Langkang Baru Dukung Pembangunan SUTT 15 kV di Kotabaru

Saay ini pada perairan selat sebuku, UIP KLT sedang melakukan pembangunan 6 pondasi tower yang 3 tower diantaranya merupakan tower spesial yang memiliki ketinggian diatas tower standar guna mengakomodir lalu lintas kapal yang berada di perairan Selat Sebuku sehingga aktivitas diperairan selat tak terganggu dengan adanya SUTT tersebut. Pembangunan konstruksi tower di perairan selat ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di pulau Kalimantan.

“Dalam kunjungan ini, kami ingin memastikan bahwa kontraktor melakukan pekerjaannya dengan benar agar kualitas pembangunan mulai dari pondasi hingga konstruksi tower sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan,” ujar Josua.

Diakuinya, pembangunan pondasi 6 tower (T.82 – T.87) ini penuh dengan tantangan. Pasang surut air laut dan juga cuaca yang tidak menentu tentunya menjadi perhatian serius dalam pembangunan tersebut, terlebih pada saat pekerjaan konstruksi pondasi.

“Dengan hambatan tersebut, kami berpesan kepada pelaksana pekerjaan untuk mengedepankan aspek K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan aspek K2 (Keselamatan Ketenagalistrikan),” ujarnya.

Secara keseluruhan progres pembangunan SUTT 150kV yang membentang sepanjang 74,92 kilometer sirkit (kms) ini telah mencapai 67,45 persen jelang akhir Juli 2022 ini.

Dengan koordinasi dan pengawasan yang ketat kepada kontraktor pembangunan dan kolaborasi bersama seluruh stakeholder yang terlibat, UIP KLT yakin dapat melalui seluruh hambatan dalam pembangunan. UIP KLT pun mengapresiasi peranan semua pihak khususnya masyarakat dan perusahaan yang terlintasi jalur transmisi. (jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.