Pembangunan Gedung Baru DPRD Kota Banjarmasin Jadi Pilot Project Berbasis Pendidikan Konstruksi

0

PEMBANGUNAN gedung baru DPRD ini berada di samping gedung lama di Jalan Lambung Mangkurat, direncanakan pelaksanaannya selama 11 bulan, dan dijadwalkan tahun 2023 dapat difungsikan.

LANTAI dasar Gedung baru itu direncanakan untuk tempat parkir, ruang kontrol dan mushola. Lantai pertama untuk ruang aspirasi, disediakan pers room dan ruang rapat. Lantai kedua untuk ruang kerja 41 anggota DPRD, kemudian lantai ketiga untuk ruang rapat besar dan ruang pimpinan DPRD.

Tak hanya untuk menunjang kerja anggota DPRD Banjarmasin, gedung ini diharapkan menjadi rumah aspirasi dengan konsep rumah adat banjar gajah menyusu, bertema “Rumah Gasan Sabarataan”, yang ramah disabilitas.

BACA: Tahun Ini Dianggarkan Rp 20 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Dibangun Bertahap

Dilatarbelakangi sering tergenangnya Gedung DPRD lama saat hujan/ air pasang, usia yang sudah puluhan tahun serta jumlah user yang banyak menyebabkan over kapasitas, maka Penambahan Gedung DPRD dilakukan di 2022 dengan system anggaran multiyears hingga 2023.

Perencanaan gedung baru ini telah melibatkan berbagai unsur, baik dari internal sekretariat DPRD, unsur pimpinan DPRD maupun tim teknis dari Dinas PUPR Kota Banjarmasin. Pembangunan gedung baru ini telah mengantongi dokumen Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)/ IMB, yang secara teknis telah memperoleh rekomedasi dari Tim Profesi Ahli (TPA) Bangunan Gedung yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Pemancangan pondasi menggunakan alat Hydrolic State Pile Driver (HSPD) dengan teknik injeksi. Hal ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir dampak lingkungan berupa getaran saat proses pemancangan.

Sesuai hasil lelang, Gedung akan dibangun oleh PT. Rancang Bangun Mandiri yang berpengalaman mengerjakan proyek gedung skala besar, berkomitmen untuk melaksanakan pekerjaan dengan manajemen mutu dan waktu yang telah ditentukan oleh owner proyek.

BACA: Estimasi Telan Puluhan Miliar, Gedung Tambahan DPRD Kota Banjarmasin Segera Dibangun

“Kami selalu berusaha untuk menciptakan karya yang monumental, menghasilkan struktur bangunan yang kokoh dan kuat, serta memberikan efisiensi waktu dan biaya,” ujar Manajer Teknis PT. Rancang Bangun Mandiri, Roban Sartono, dalam keterangannya.

Roban Sartono, menyebutkan, Gedung Baru DPRD merupakan masuk klasifikasi bangunan yang kompleks, sehingga cocok untuk media pembelajaran.

Gedung DPRD ini tidak hanya sebagai rumah aspirasi masyarakat, paparnya, juga dalam proses pembangunannya dapat menjadi sarana pendidikan konstruksi. Masyarakat khususnya mahasiswa dan tenaga ahli konstruksi dapat belajar manajemen konstruksi, perencanaan lingkungan kerja, hingga implementasi K3 selagi proyek ini berlangsung. ”Kami selaku Manajemen Konstruksi siap menjadi akses dalam pembelajaran proyek konstruksi Gedung DPRD ini baik manajemen maupun teknologi,” tambah Tim Manajemen Konstruksi Muktiono. (jejakrekam)

Penulis ril/afdi
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.