Tahun 2022 Ini Diskopumper Fokus Pada Penataan Kepengurusan Koperasi di Kota Banjarmasin

0

SILATURAHMI Pengurus Koperasi se-Kota Banjarmasin dengan walikota dan pejabat terkait dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 Tahun 2022, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskopumper) Kota Banjarmasin akan mengadakan pembinaan untuk semua koperasi yang terdapat di Kota Banjarmasin.

BERTEMPAT di Aula Kayuh Baimbai Pemkot Banjarmasin, Jumat (29/7/2022), Kepala Diskopumper Kota Banjarmasin M Isa Anshari menyampaikan hal tersebut sebagaia bagian program Koperasi di tahun 2022.

Pihaknya akan berfokus pada konsolidasi dan penataan kembali kepengurusan Koperasi, seperti yang diketahui dari 520 koperasi yang ada di Kota Banjarmasin, hanya ada sekitar 320 saja yang aktif sampai saat ini.

BACA: Tanpa Bunga, Program BAHUMA Pemkot Banjarmasin Sudah Bisa Dinikmati Pelaku UMKM

“Kami akan lihat lagi beberapa permasalahan yang mungkin timbul sehingga mereka tidak aktif. Kami akan coba bina lagi, supaya yang tidak aktif menjadi aktif. Termasuk apakah kepengurusan yang sudah berakhir dapat diperbaharui lagi, itu langkah-langkah yang akan diambil di tahun 2022 ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa koperasi memiliki peran dalam menggeliatkan perekonomian di Kota Banjarmasin. Sehingga, pihak Diskopumper akan terus mengadakan berbagai kegiatan dan program koperasi dengan masyarakat.

Di samping itu, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan keinginannya agar seluruh koperasi di Kota Banjarmasin bisa memiliki tekad dalam berinovasi guna mengembangkan usaha.

“Harapannya juga dalam kebersamaan, koperasi di Banjarmasin bisa lebih maju lagi dengan melihat kondisi perekonomian yang sudah berubah di era digital,” ucap Arifin Noor.

BACA JUGA: Pemkot Banjarmasin Dorong Pengembangan Pelaku Usaha Lewat Program BAHUMA

Ia berharap pula dalam masa pasca pandemi covid-19 saat ini, koperasi dapat kembali untuk meningkatkan ekonomi di Kota Banjarmasin menjadi lebih baik lagi ke depannya bersamaan dengan perubahan zaman yang kian pesat.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan oleh Diskopumper tersebut, Koperasi Guru Wilayah Banjarmasin Utara memberikan bantuan berupa uang kepada beberapa siswa. Bantuan tersebut rutin disalurkan selama enam bulan sekali, seperti yang diakui oleh Ketua Koperasi Guru Banjarmasin Utara Sumarno.

“Berupa uang, kita salurkan enam bulan sekali. Besaran nominal uangnya disesuaikan dengan kebutuhan para siswa. Itu juga diserahkan kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu,” ujar Sumarno.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.