Pertanahan Tanbu Rakor Data Gugus Tugas Reformasi Agraria

0

KANTOR Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Data Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2022, Selasa (19/7/2022).

REFORMASI Agraria merupakan sebuah istilah distribusi ulang lahan pertanian atas prakarsa atau dukungan pemerintah.

Rapat Koordinasi menyiapkan data serta turut melibatkan dari Dinas Kehutanan dan Dinas Pertanian serta instansi terkait mengenai Tanah Obyek Reforma Agraria. Maupun tanah pelepasan kawasan hutan/penataan kawasan hutan. Sehingga, dapat dimanfaatkan masyarakat dan membantu masyarakat mendapatkan akses obyek agraria. 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu, I Wayan Sukiana, mengatakan salah satu upaya, yang dilakukan membangun dan meningkatkan kesejahteraan di masyarakat. “Kita melaksanakan penataan kembali, terhadap penguasaan dan pemilikan, pemanfaatan tentang pertanahan sehingga lebih berkeadilan,” kata Wayan.

Rakor ini digelar sebagai penyamaan persepsi maupun penyamaan data, yang mana konflik di masyarakat terkait tanah dan kehutanan bisa teratasi. Hal tersebut sangat mendasar dilakukan, mengingat maraknya trend issue yang menyebar di kalangan masyarakat selama ini, terkait penguasaan pada lahan kawasan kehutanan.

BACA: Pemkab Tanbu Ikuti Rakornis TMMD Tahun 2022

“Dengan adanya pelepasan kawasan, nantinya bisa dikuasai dan dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk juga menata batas kawasan, yang mana hal tersebut bisa lebih dipastikan pada kawasan hutan maupun kawasan penguasaan kepemilikan dari masyarakat. Selama ini, cukup banyak laporan dari masyarakat terkait tanah masuk kawasan hutan/berbatasan dengan hutan, sehingga kini perlu ditata kembali untuk mengurangi adanya konflik,” ujarnya. 

Tujuan untuk mendapatkan ketersediaan Data Tanah Obyek Landreform dari pelepasan kawasan hutan, maupun dari penataan batas kawasan hutan.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah 59 orang terdiri dari, Tim Gugus Tugas Reforma Agraria sebanyak 25 orang dan Ketua Gugus Tugas, turut mengundang Bupati Tanbu atau yang mewakili beserta jajarannya, hadir sekitar 23 orang dari pelaksana harian gugus tugas dan seluruh Camat se- Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah telah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, sebagai salah satu cita-cita Pemerintah yang telah menjadi Program Strategis Nasional.

Mengusung Tema “Penanganan Penguasaan dan Pemilikan Aset serta Akses Reform dari Sumber Tanah Obyek Reforma Agraria”. “Kita berharap, keterlibatan seluruh Sumber Daya secara optimal dalam rangka mendukung tercapainya tujuan Reforma Agraria, yaitu terselenggaranya Aset Reforma disertai Akses Reforma, sehingga kita mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud,” tuturnya.

Dengan terbenahinya, jelas Rahmat, kepemilikan lahan, dapat ditarik juga tujuan yaitu tidak ada lagi kesenjangan sosial di masyarakat, terjadi kemakmuran, bertambahnya lapangan pekerjaan serta kemajuan ketahanan pangan.

Rakor ini, menghadirkan dua pemateri yaitu dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu, H. Hairuddin, dengan metode penyampaian materi secara Simposium. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.