Helat Goes To School Dalam Semarak VII, LPM Warta JITU Akan Berbagi Pengetahuan Jurnalistik

0

SEBAGAI bentuk memberikan edukasi dasar jurnalistik kepada siswa sekolah, LPM Warta JITU FKIP ULM akan selenggarakan “Goes To School” dalam perayaan SEMARAK VII.

MUHAMMAD Ridhoni, Ketua Pelaksana SEMARAK VII menyampaikan “Goes To School” akan menjadi pembeda dari rangkaian hari jadi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Karena kita dari FKIP maka kita lebih mendedikasikan LPM Warta JITU menjadi suatu lembaga yang dapat memberikan dampak baik untuk kedepannya baik untuk anggota LPM Warta JITU, maupun untuk masyarakat,” ujar Ridhoni kepada Jejakrekam.com usai pembukaan seremonial Semarak VII, Sabtu (16/7/2022). 

Ridhoni menyebut, dengan adanya LPM Goes To School ini pihaknya akan membagi pengetahuan selama tiga hari dari 25-27 Juli 2022 di SMAN 1 Alalak seputar kejurnalistikan seperti dasar-dasar jurnalistik, pentingnya pemahaman jurnalistik, bagaimana cara memilah suatu berita yang benar bukan hoax, dan lainnya.

“Goals dalam LPM Goes to School nanti meliputi siswa dapat memiliki pengetahuan dasar jurnalistik, memiliki sifat kritis dalam membaca berita sehingga dapat mengenali berita hoax, memiliki sifat aktif membaca berita, memiliki minat dalam jurnalistik, dan dapat mengimplementasikan ilmu jurnalistik yang didapat dalam kegiatan sehari-hari,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dwi Atmono, Wakil Dekan III FKIP ULM dalam sambutannya membuka SEMARAK VII mendukung dan menyambut baik LPM “Goes To School” tersebut.

“Kegiatan baru seperti Goes to School diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik kepada para siswa tentang jurnalistik,” harap Dwi.

Sedangkan Afriandy, Pemimpin Umum LPM Warta JITU FKIP ULM mengatakan tujuan utama dari kegiatan Goes to School itu sendiri sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilaksanakan selama tiga hari dengan pemberian materi mengenai jurnalistik dasar yaitu menangani permasalahan mengenai kebenaran suatu berita.

“Karena para siswa aktif membaca berita terutama terkait isu yang hangat diperbincangkan, biasanya susah untuk menyaring apakah informasi tersebut benar atau tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andy sapaan akrabnya berharap agar SEMARAK VII ini dapat berjalan lancar, sukses dan bisa lebih meriah. “Untuk tahun berikutnya, hal baik dari acara ini dapat  dipertahankan, dan tentunya lebih baik lagi. Serta panitia,  pengurus, dan anggota LPM Warta JITU bisa lebih kompak dan semakin solid,” imbuhnya.

Sekadar informasi, SEMARAK VII merupakan acara memperingati hari jadi LPM Warta JITU FKIP ULM yang ke 7 tahun. Acara yang bertemakan “Strategi Keragaman Dalam Meningkatkan Kualitas dan Dedikasi Terhadap Pendidikan Melalui Jurnalistik” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FKIP ULM di Ruang Ki Hajar Dewantara FKIP ULM.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan penayangan video trailer rangkaian kegiatan dan launching maskot LPM Warta JITU yang bernama WAJI. Lalu dilanjutkan dengan pengalungan id card sebagai bentuk pelepasan tim LPM Goes to School. 

Untuk kegiatan lain dalam rangkaian Semarak VII LPM Warta JITU terdapat JITU babarkat dan Seminar Nasional yang diadakan tanggal 30 Juli 2022, bertempat di aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin.

Dengan Pengisi materi untuk Seminar Nasional tersebut yakni  Fariz Fadhillah dan Budi Kurniawan, dengan mengangkat tema “R.I.P Journalism: Welcome to The Era of Content Marketing”.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.