Lepas Atlet POPDA, Ibnu Sina: Jaga Sportivitas dan Pertahankan Tradisi Juara

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) melepas kontingen Kota Banjarmasin untuk mengikuti Pekan Olahraga Pemuda Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022, bertempat di Balaikota, Jumat (15/7/2022).

POPDA Kalsel tahun ini diadakan di Kota Banjarmasin mulai tanggal 21-25 Juli 2022. Sementara itu, total atlet POPDA yang dilepas oleh Pemkot Banjarmasin berjumlah 83 atlet putra dan 52 atlet putri, sehingga total keseluruhannya adalah 154 termasuk official dan pelatih.

Sementara itu, cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan sebanyak delapan cabor, yaitu sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, bulu tangkis, basket, voli, pencak silat, dan tinju.

Dalam tradisi POPDA, jika di tahun genap seperti 2022 ini, maka pertandingan yang dilakukan adalah pertandingan beregu. Namun, meskipun cabor tinju merupakan olahraga perorangan, cabor tersebut diadakan karena permintaan khusus dari pusat.

BACA: Juara Umum Karate Popda Kalsel, Ketua FORKI Banjarmasin : Atlet Dipersiapkan Menuju Porprov 2022

“Ini adalah permintaan khusus dari pusat karena tinju akan dipersiapkan untuk POPNAS di Bangka Belitung tahun depan ini,” ungkap Kepala Disbudporapar, Jumat (15/7/2022).

Iwan menyampaikan, telah banyak langkah yang dilakukan oleh Disbudporapar maupun kontingen POPDA Kota Banjarmasin untuk bisa terus mempertahankan juara umum yang sudah didapatkan delapan kali berturut-turut.

“Mudah-mudahan bisa mempertahankan tradisi Kota Banjarmasin menjadi juara umum setiap pelaksanaan POPDA Kalsel. Saat persiapan itu betul-betul lumayan menguras energi kita semua, dimulai dari tanggal 23-26 Maret. Itu istilahnya pemantapan persiapan,” tuturnya.

Fisik dan kesehatan dari atlet sendiri menurut Iwan benar-benar menjadi perhatian agar nantinya atlet bisa terus berlaga dalam pertandingan.

“Semoga tidak ada atlet kita yang kena Covid-19. Makanan mereka juga diawasi, seperti nutrisi itu selama latihan dan bertanding terus dikawal oleh Disbudporapar,” kata dia.

154 atlet, pelatih dan official Banjarmasin akan mempertahankan gelar juara di Popda Kalsel pada 21-25 Juli 2022 mendatang.

Di samping itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan bahwa dirinya hanya memiliki satu titipan untuk para atlet POPDA, yaitu jaga sportivitas dan pertahankan tradisi juara.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa mempertahankan juara yang kesembilan kali. Tentu kita berharap ini adalah bibit-bibit unggul yang pada saatnya nanti mereka akan bisa berprestasi lebih tinggi lagi di tingkat nasional maupun internasional dalam event yang lebih tinggi lagi, misalnya PON (Pekan Olahraga Nadional) ataupun kejuaraan-kejuaraan nasional lainnya,” ujar Ibnu Sina.

Ibnu Sina berpesan agar para atlet bisa menjaga kesehatan dan staminanya selama bertanding. Selain itu, ia turut berpesan kepada Disbudporapar agar terus mendampingi para atlet POPDA ini sebaik-sebaiknya.

“Diharapkan Disbudporapar untuk terus mendampingi atlet-atlet kita sebaik-baiknya, jangan sampai secara teknis terganggu seperti konsumsi mereka disiapkan dengan baik. Atau tertinggal dalam jadwal pertandingan, sehingga tidak bisa bertanding,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.