Diskopukmperindag Tabalong Berikan Pelatihan Fasilitas Kemudahan Perizinan

0

BERIKAN kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengurus perizinan usaha, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong gelar pelatihan Fasilitas Kemudahan Perizinan bagi usaha mikro.

DIIKUTI 30 peserta, pembukaan pelatihan yang digelar selama 3 hari ini bertempat di aula gedung PLUT KUMKM Kabupaten Tabalong, Selasa (12/7/2022).

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindag Kabupaten Tabalong, Husin Ansyari mengatakan digelarnya pelatihan ini untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengurus legalitas usahanya. “Dengan pelatihan ini, pelaku UMKM akan diajarkan cara mudah dalam mengurus perizinan usahanya,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Pelatihan ini digelar dari tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2022 dengan peserta terdiri dari berbagai pelaku usaha mikro. “Mereka akan diberikan pengarahan dan penjelasan mengenai persyaratan dan pengajuan perizinan untuk usahanya,” ucapnya.

BACA: Peringati Hari Koperasi ke -75, Diskopukmperindag Tabalong Gelar Kegiatan Donor Darah

Perizinan ini merupakan salah satu kewajiban yang dimiliki pelaku usaha mikro yang ada. “Perizinan itu wajib kita miliki, karena kita juga ingin meningkatkan atau naik kelas dalam berusaha, dari usaha mikro menjadi usaha makro,” jelasnya.

Dalam hal ini Pemerintah ujarnya, akan menganggarkan, mendukung dan akan memfasilitasinya.

Bebeberapa hal yang akan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten seperti uji laboratorium. “Disini biaya uji lab ini akan coba menganggarkan, sehingga pelaku usaha mikro tidak lagi membayar biayanya, namun pemerintah yang membayarkan,” ujarnya.

Husin berharap dengan adanya pelatihan ini dapat membantu pelaku UMKM dalam mengurus izin usahanya. Sehingga akan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabalong yang saat ini sudah mulai menggeliat.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.