Anggota Senat ULM Pilih Tiga Nama Calon Rektor ULM Periode 2022-2026

0

PEMILIHAN calon rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2022-2026 masih terus berlanjut.

PENYAMPAIAN visi misi dan program kerja oleh bakal calon rektor di hadapan anggota Senat ULM, perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikburistek RI), civitas akademika, dan tenaga kependidikan di seluruh fakultas pada Rabu (13/7/2022), dilanjutkan dengan rapat senat tertutup untuk menentukan tiga nama calon rektor yang akan maju ke tahap berikutnya.

“Jadi, tadi pagi kita ada rapat senat terbuka yang dihadiri oleh seluruh anggota senat, ada dua perwakilan Kemendikbudristek, perwakilan dosen, dan tenaga kependidikan di seluruh fakultas. Jumlahnya pagi tadi ada 350 orang bersama dengan senat,” ucap Ketua Senat ULM Hadin Muhjad kepada awak media, Rabu (13/7/2022).

BACA: Resmi Sandang Status BLU, Dicari Figur Rektor ULM Ke depan Bervisi Entrepreneurship

Berdasarkan hasil pemungutan suara oleh anggota Senat ULM yang berjumlah 67 orang, maka sudah didapatkan tiga nama calon rektor. Suara terbanyak diperoleh oleh nomor urut empat, Prof. Dr. Ahmad Alim Bahri, S.E., M.Si. dengan 30 suara. Kemudian, nomor urut dua, Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, MP dengan 24 suara. Disusul oleh nomor urut satu, Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd. dengan 8 suara. Sementara itu, nomor urut tiga, Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc. memperoleh sebanyak 4 suara.

“Jadi, dari empat bakal calon itu yang memperoleh suara terbanyak adalah nomor urut empat sebanyak 30 suara. Nomor urut dua, sebanyak 24 suara. Nomor urut satu, sebanyak 8 suara. Nomor urut tiga, sebanyak 4 suara,” ungkap Hadin.

Akan tetapi, dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh Senat ULM hari ini, dari 67 anggota senat ada satu orang yang tidak hadir.

“Dari senat 67 orang itu ada satu orang yang tidak hadir. Jadi, tadi hanya ada 66 orang,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa hasil pemungutan suara oleh Senat ULM yang telah mendapatkan tiga nama calon tersebut akan diantar ke Kemendikbudristek pada 20 Juli nanti.

BACA JUGA: Jelang Pilrek ULM 2022; Alim Bachri dan Syamsu Hidayat Daftar Jadi Bakal Calon Rektor

Sementara itu, Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor ULM periode 2022-2026 Nurul Azkar mengatakan, tahap selanjutnya yang akan dihadapi oleh ketiga calon rektor tersebut adalah menjelaskan lebih detail program-program yang akan dilaksanakan selama empat tahun ke depan jika terpilih menjadi rektor.

“Nanti setelah kita antar, menteri akan memanggil tiga calon ini untuk assesmen di kementerian. Ditindaklanjuti oleh mereka terkait berbagai hal, di sana mereka (calon rektor) biasanya diminta untuk menjelaskan lebih detail program-program yang akan dilaksanakan empat tahun ke depan jika menjadi rektor,” ujarnya.

“Nah, nanti setelah mereka setuju dengan ketiga calon ini, pada tanggal 31 Agustus sesuai jadwal kami akan mengadakan pemilihan rektor. Komposisi suara senat 65 persen. Sementara itu, 35 persen suara dari menteri,” pungkas Nurul.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.