Bappedalitbang Tanbu dan FISIP ULM Riset Indeks Kesalehan Sosial

0

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan ekspos awal penelitian Indeks Kesalehan Sosial.

EKSPOS awal ini dilakukan di kantornya, Selasa (12/7/2022) melalui Bidang Litbang bekerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Menurut Kepala Bappedalitbang, Andi Anwar Sadat, saat membuka ekspos, mengatakan, Indeks Kesalehan Sosial merupakan salah satu sasaran yang harus disusun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berdasarkan visi misi Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar.

“Salah satu misi dalam membangun Bumi Bersujud yaitu mewujudkan sumber daya manusia berkualitas, produktif dan berakhlak mulia, ” ujarnya. 

BACA: Gandeng ULM, Bimtek DPRD Tanbu Tak Perlu Lagi ke Jakarta

Indeks Kesalehan Sosial, jelas Andi Anwar, juga merupakan indikator pencapaian program implementasi Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah. Koordinator Tim Ahli, Prof Budi Suryadi, mengungkapkan, keberadaan Indeks Kesalehan Sosial adalah untuk memperkuat NKRI.

Dekan FISIP ULM ini memaparkan, tim akan meminta masukan dan saran dari para undangan yaitu para camat dan SKPD terkait, serta melakukan sharring dan berbagi pemahaman tentang Indeks Kesalehan Sosial, dalam kerangka berbangsa dan bernegara menjaga keutuhan NKRI.

Indeks Kesalehan Sosial juga menjadi salah satu faktor agar program Serambi Madinah bisa diukur, dan hasil penelitian juga menjadi rekomendasi bagi pemerintah daerah, tentang langkah yang harus diambil dalam program terkait lainnya.

Indeks Kesalehan Sosial pertama kali dirilis Kementerian Agama RI. Sedangkan untuk wilayah Kalimantan, hanya Kabupaten Tanah Bumbu menjadi yang pertama menyusunnya. Angka Indeks Kesalehan Sosial ditargetkan terus naik tiap tahunnya hingga selesainya RPJMD 2021-2026. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.