Rayakan Idul Adha Hari Ini, Ustadz Umar Said Thalib: Berkurban Bukanlah Semata Ritual Penyembelihan Hewan

0

KAUM Muslim di Kota Banjarmasin, khususnya warga Muhammadiyah merayakan Idul Adha 1443 Hijriyah. Dalam perayaan tersebut ditandai Shalat Ied di sejumlah halaman masjid, halaman gedung, halaman pertokoan, dan lapangan luas, pada Sabtu (9/7/2022).

PELAKSANAAN Shalat Ied, serentak pukul 07.15 Wita. Terlihat sejak pagi sejumlah anak-anak, remaja, orang tua, dewasa berbondong-bondong mengikuti pelaksanaan Shalat Ied. Takbir, Tasbih, Tahmid, dan Tahlil terdengar suara menggema.

Seperti di Kawasan Kayu Tangi, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Tampak di jamaah hadir di Halaman Gedung Sultan Suriansyah, dan Halaman Masjid Hasanuddin Majedi, Halaman Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin HKSN, Halaman Kantor Kopertis Wilayah XI Banjarmasin.

BACA: Ini Lokasi, Daftar Khatib dan Imam Shalat Ied di Idul Adha…

Misalnya, Ustadz H Umar Said Thalib dalam khotbah Idul Adha 1443 H menekankan “Memaknai Kurban” berkurban bukanlah semata ritual penyembelihan hewan, namun berkurban dengan makna yang lebih luas. “Jadi pengorbanan kita dengan harta, jiwa, wantu dan ilmu,” ucapnya, di halaman Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Menurutnya, sebagaimana yang dilakukan kaum muslimin secara umum pada hari ini dengan membelanjakan harga mereka untuk membeli hewan kurban. “Dan disembelih bentuk taqorrub pada Allah SWT, dan menghidupkan serta mengikuti sunnah Rasulullah SAW, sebagai bentuk syi’ar Agama Islam,” tambahnya.

Dan Allah SWT menjanjikan bagi siapa yang siap berkorban menjadi pembela Agama Allah dengan pahala besar, pertolongan dalam hidup, serta kehidupan yang aman serta penuh keberkahan.

Shalat Idul Adha 1443 Hijriyah, Sabtu 9 Juli 2022, di Lapangan, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. (foto: istimewa)

Selain itu, jelasnya, dengan menyisihkan waktu kita untuk agama Allah SWT, untuk mempelajarinya beribadah dengan ilmu dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Kita jadikan hidup kita ini berpedoman pada perintah dan larangan Allah SWT, serta sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW. Kata lain, mengisi hidup dengan amal shaleh,” tutur  ustadz kelahiran Malang ini.

BACA: Mangatam Hari Raya, Memungut Derma dari Jamaah Shalat Ied di Masjid Kanas

Tak hanya itu, sambungnya, dengan menjadikan tiap diri kita sebagai penyebar kebaikan dan kebenaran Agama Islam, mengajak manusia kepada peribadatan hanya kepada Allah SWT. “Mendidik generasi Rabbani yang siap untuk menjadi penerus dakwah para nabi atas agama yang rahmat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Halaman Masjid Muhammadiyah Al~Muhajirin Bjm. Khatib & Imam : Dr. KH. M. Saad Ibrahim, MA (Ketua PWM Jawa Timur). Halaman Kantor Kopertis Wilayah XI Bjm. Khatib : H. Muhammad Fauzi, SH, M.Sc & Imam : Muhammad Aulia Putra. Halaman Masjid Hasanuddin Madjedi Jl. H. Hasan Basri Kayutangi Banjarmasin. Khatib : H. Amanto Surya Langka, Lc & Imam : Fikri Rizalie Ahmad, SQ. S.Pd.I. Halaman Gedung Sultan Suriansyah Kayu Tangi. Khatib & Imam : H. Umar Said Thalib, SE.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H, Taqabbalallaahu Minna Wa Minkum. (jejakrekam)

Penulis Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.