Cegah PMK, Satgas di Balangan Gencarkan Disinfeksi Kandang Hewan Ternak

0

SATGAS penyakit mulut dan kuku (PMK) Polres Balangan bersama dengan Dinas Peternakan Balangan mulai melakukan pencegahan dan penanganan dengan menyemprot cairan disinfektan ke kandang hewan ternak di dua tempat yaitu di Sentra Kawasan Pembibitan Peternakan Desa Harapan Baru Kec Paringin Selatan dan Desa Kalahiang Kec. Paringin, Jumat, (8/6/2022).

KAPOLRES Balangan AKBP Zaenal Arifin, yang meninjau langsung pelaksanaan penyemprotan mengatakan, disinfeksi dengan penyemprotan tersebut merupakan upaya Polri dan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas PMK untuk menanggulangi penyebaran virus yang menyerang mulut dan kuku pada hewan Sapi.

Kegiatan tersebut, kata Kapolres Balangan, juga termasuk dalam Operasi Aman Nusa II, di mana dalam pelaksanaannya dilakukan secara terbuka serta mengedepankan pencegahan dan penanganan.

BACA : Tak Kantongi SKKH, Sopir Pengangkut Hewan Ternak Asal Alabio Diminta Balik Arah

“Disinfeksi ini adalah upaya kita dalam mencegah penyebaran PMK, dalam hal ini, Kapolres Balangan juga meminta peran serta masyarakat dengan melaporkan apabila mengetahui atau hewan ternaknya terjangkit PMK.

Selain itu, Satgas PMK Kab. Balangan juga akan melaksanakan patroli guna melakukan pengecekan dan untuk membatasi mobilitas hewan ternak antar kabupaten/kota.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.