Ardiansyah Launching Satu Desa Satu Mesjid Di Desa Suka Damai

0

PROGRAM Satu Desa Satu Mesjid di Launching secara serentak, Kamis (7/7/2021) malam. Bertempat di Mesjid Baiturrahim, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Dinas Kominfo SP) Ardiansyah, mewakili Bupati Tanah Bumbu melaunching program Satu Desa Satu Mesjid di Desa Suka Damai, Kecamatan Mantewe.

BUPATI Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutanya disampaikan Kadis Kominfo SP Ardiansyah mengatakan, Satu Desa Satu Mesjid ini adalah program memakmurkan mesjid.

“Jika ada beberapa mesjid di desa, maka dipilih salah satu mesjid yang menjadi percontohan,” sebut Ardiansyah.

Di Desa Suka Damai ini yang menjadi percontohan adalah mesjid Jami Baiturrahim.

BACA: Tanah Bumbu Resmi Launching Program Satu Desa Satu Mesjid

Satu Desa Satu Mesjid ini terinspirasi oleh sejarah masa kekhalifahan Umar bin Abdul Aziz dimana kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan terpusat di mesjid, yang berdampak pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut juga dibarengi dengan adanya peluang dan kekuatan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai penyangga ibukota negara baru serta kekuatan SDM, yang kemudian tercipta gagasan cemerlang dari bupati untuk mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah. Gerakan awal memakmurkan Satu Desa Satu Mesjid yang berkelanjutan menjadi semua mesjid.

Dengan gerakan satu desa satu mesjid ini diharapkan mesjid tidak akan kosong tetapi selalu ada kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan seperti pengajian, hafiz Qur’an, tempat belajar, dan lainnya.

Gerakan ini, sambung Ardiansyah, merupakan komitmen bersama dan kerjasama antara Pemkab Tanbu dan seluruh elemen masyarakat untuk membangun SDM yang Qur’ani yang kuat ditengah arus globalisasi dengan melakukan langkah-langkah konkrit yaitu tidak hanya cerdas dalam penguasaan ilmu dan teknologi tetapi juga memiliki karakter kuat yang dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan yang pada akhirnya yang tercipta generasi unggul, mandiri, produktif, dan berakhlak mulia.

Gerakan ini akan terus berjalan dan akan menjadi kegiatan rutin di desa sehingga menjadi salah satu ciri khas karakter masyarakat Tanah Bumbu.

“Program ini selaras dengan visi bupati yaitu Membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius, dan Demokratis dengan Misi Mewujudkan SDM yang berkualitas, produktif dan berahlak mulia,” sebut Ardiansyah.

Ardiansyah berharap gerakan ini bernilai ibadah dan menjadi amal jariyah yang terus mengalir untuk menjemput hidayah dan ridho Allah SWT.

BACA JUGA: Bupati Abah HM Zairullah Azhar Kumpulkan SKPD Bahas Satu Desa Satu Masjid

Sementara itu, Kepala Desa Suka Damai Surian, sangat mendukung program Satu Desa Satu Mesjid di Desa Suka Damai dalam rangka memakmurkan mesjid dan mewujudkan motto Bersujud Menuju Serambi Madinah.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Mesjid Baiturrahim untuk mensukseskan program Satu Desa Satu Mesjid yaitu menggelar kegiatan sholat berjamaah, menggelar majelis taklim, pelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi anak-anak, dan lainnya.

Untuk kegiatan baca tulis Al-Qur’an jumlah santri sebanyak 137 orang dengan jumlah guru pengajar sebanyak 12 orang.

Kegiatan baca tulis Al-Qur’an dimulai pukul 15.00 WITA. Sedangkan kegiatan majelis taklim dan zikiran digelar setiap hari Kamis.

“Untuk majelis laki-laki digelar pada malam hari, sedangkan majelis perempuan digelar pada sore Kamis,” terang Surian.(jejakrekam)

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.