Antisipasi Banjir Akibat Hujan Deras, Warga Syamsudin Noor dan Landasan Ulin Utara Bersihkan Got

0

BENCANA banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Idaman pada Senin (4/7/2022) kemarin menjadi perhatian Pemkot Banjarbaru.

BERSAMA warga dan aparat Kelurahan Syamsudin Noor serta Kelurahan Landasan Ulin Utara menghelat kegiatan gotong royong Jumat Bersih pada Jumat (8/7/2022). Lokasi bakti sosial ini difokuskan di Jalan Golf RT 12/03 Kelurahan Syamsudin Noor.

Sebelum menggelar gotong royong, terlebih dulu dilaksanakan apel yang dipimpin oleh  Wakil Walikota Banjarbaru Wartono. Dalam amanatnya, Wartono menyampaikan gotong royong ini sebagai bentuk antisipasi dan mitigasi bencana banjir.

BACA : Diguyur Hujan Lebat Seharian, Sejumlah Wilayah di Banjarbaru Tergenang Banjir

“Beberapa pekan belakangan ini,  kita mengalami banjir, karena hujan lebat. Tentu antisipasi untuk mencegah banjir ini adalah dengan cara bergotong royong, salah satunya memperlancar semua arus air baik di got ataupun drainase,” ucap Wartono.

Dalam  aksi bersih-bersih saluran got dan drainase ini, Pemkot Banjarbaru menyediakan satu unit eksavator yang digunakan untuk mengeruk drainase yang buntu. Kemudian, truk pengangkut sampah. Warga juga turut membersihkan semak belukar di kawasan itu.

Wartono mengimbau semua warga kelurahan dan kecamatan bahu membahu dalam pencegahan banjir di Kota Banjarbaru.

BACA JUGA : Tangkal Banjir di Cempaka Banjarbaru, Ratusan Bibit Pohon Trembesi Ditanam

Sementara itu, Ketua Relawan Landasan Ulin dan Lianganggang, Nuryanto mengakui pada hujan lebat kemarin di Landasan Ulin dan Liang Anggang perbatasan Jl Golf, tingginya air tak dapat ditampung saluran drainase dengan optimal.

“Tingginya genangan banjir di wilayah ini kemarin kurang lebih 30 centimeter. Saat gotong royong ini, kita membersihkan dan mengeruk kembali saluran drainase yang sebelumnya buntu,” ucapnya.

BACA JUGA : Deteksi Titik Rawan Banjir dan Puting Beliung, BPBD Banjarbaru Siapkan 15 Tim Reaksi Cepat

Nuryanto berharap pemerintah kota berkenan dapat memperbaiki drainase di wilayah ini dan adanya pelebaran jalan baik mulai Jalan Golf depan sampai Lingkar Utara.

“Semoga ada perhatian dari pemerintah kota Sebab jika hujan deras masyarakat di sini selalu mengalami banjir,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.