Pertama di Indonesia, Timsel Bawaslu Kalsel Sosialisasikan Tahapan Seleksi Calon Anggota Bawaslu

0

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Selatan menggelar kegiatan “Sosialisasi Tahapan Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel dalam rangka mendukung tahapan Pemilu 2024 yang aman dan kondusif di Wilayah Kalsel”, bertempat di Ballroom Hotel Aria Borneo Banjarmasin, Rabu (6/7/2022).

KEGIATAN dihadiri Ketua Tim Seleksi (Timsel) Prof Hadin Muhjad, beserta dua anggota  timsel KH Syarbani Haira dan Varinia Pura Damayanti. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Kasek Bawaslu Kalsel T. Dahsya K. Putra, Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Kalsel Kompol Reinaldo dan para peserta calon anggota Bawaslu Provinsi Kalsel yang telah mendaftar sebanyak 114 orang.

Kegiatan sosialisasi kepada calon anggota Bawaslu Provinsi Kalsel ini diasosiasi oleh Timsel bekerjasama dengan Polda Kalsel.

BACA : Pertengahan Juni 2022 Dibuka Pendaftaran Bakal Calon Anggota Bawaslu Kalsel

“Kami memiliki pemikiran yang sama dengan Polda Kalsel untuk menciptakan situasi yang kondusif selama tahapan seleksi dan tahapan Pemilu 2024. Sosialisasi ini adalah yang pertama di Indonesia yang diadakan oleh Timsel dengan Polda Kalsel,” ujar Hadin Muhjad dalam sambutannya.

Ia menambahkan, kegiatan yang ini memiliki kaitannya untuk menciptakan suasana yang aman dan damai terhadap penyelenggaraan pemilu dan pilkada pada tahun 2024 mendatang.

“Para pendaftar seleksi calon anggota Bawaslu ini diberi pembekalan hari ini karena mereka ini memiliki tugas penting pada saat penyelenggaraan pemilu dan pilkada, sehingga narasumbernya selain dari timsel ada juga dari Intelkam Polda yang bertanggung jawab terhadap ketertiban masyarakat,” tambah Hadin Muhjad kepada Jejakrekam.com, Rabu (6/7/2022).

Ia juga menyampaikan bahwa tanggal 6-12 Juli adalah masa validasi dan verifikasi berkas pendaftaran administrasi bakal calon anggota Bawaslu Kalsel.

“Nanti akan kelihatan, apakah ada yang memenuhi dan tidak memenuhi secara administrasi. Kemudian dilihat juga umurnya, ada 16 orang yang tidak memenuhi kriteria umur, mereka umurnya sudah 35 tahun,” ungkapnya.

Adapun pengumuman hasil seleksi administrasi calon anggota Bawaslu Provinsi Kalsel adalah tanggal 13 Juli mendatang. Kemudian, tahap seleksi akan dilanjutkan dengan tes tertulis dan tes psikologi.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.