Hadirkan KPU, DP3AP2KB Tabalong Buka Wawasan Kaum Hawa Melek Politik

0

DINAS Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong memberi pelatihan sumber daya manusia (SDM) perempuan bagi kaum hawa.

MENGHADIRKAN narasumber berkompeten demi membuka wawasan agar lebih melek politik seperti  Noorhikmah dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin, dan Ketua KPU Kabupaten Tabalong Ardiansyah di Hotel Aston Tanjung ini, Selasa (5/7/2022).

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong Rusmadi mengatakan pelatihan ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan di Bumi Sarabakawa.

“Selain anggota legislatif, pelatihan SDM perempuan ini juga diikuti oleh kaum perempuan yang ada di parpol, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan organisasi wanita lainnya,” ujar Rusmadi kepada awak media di Tanjung, Selasa (5/7/2022).

BACA : Pemuda Muhammadiyah dan HIPMI Tabalong Didorong Bantu Pemerintah Kurangi Pengangguran

Menurut dia, di era demokrasi ini,  pemerintah daera memberikan ruang aksebilitas yang luas dalam peningkatan kualitas perempuan di bidang politik. Utamanya, secara khusus untuk menyiapkan perempuan menjadi anggota legislatif.

“Hal ini demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan gender. Pada gilirannya akan mampu mempercepat proses pembangunan dan seterusnya akan memberi andil untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender ( IDG) di Kabupaten Tabalong,” papar Rusmadi.

BACA JUGA : Raih IPK 3,84, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Sandang Gelar Doktor IPDN

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tabalong,  Febriadin Hafiz mengatakan peningkatan SDM merupakan ikhtiar bersama dalam mempersiapkan perempuan Tabalong dapat berbicara atau mengatasi persoalannya sendiri.

“Pemerintah daerah turut mendukung upaya peningkatan kesetaraan gender dan instansi terkait terus melakukan pembinaan terkait peningkatan SDM,” kata Febriadin.

Menurutnya, pemerintah daerah berharap melalui kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi peningkatan SDM perempuan di Tabalong.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.