Gantikan Halim Barkatullah, Achmad Faishal Resmi Jabat Dekan Fakultas Hukum ULM

0

MASA kepemimpinan Dekan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2018-2022 berakhir. Ini seiring terpilihnya Dr Achmad Faishal yang kemudian dilantik Rektor ULM untuk periode kepemimpinan 2022-2026.

MENARIKNYA, Achmad Faishal mengalahkan kandidat petahana Dr Abdul Halim Barkatullah yang sebelumnya memimpin fakultas tertua di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tersebut.

Ada dua tahap dalam pemilihan calon Dekan Fakultas Hukum ULM ini berlangsung. Pada masa penjaringan calon pada awal Maret 2022, sedikitnya ada 7 kandidat ingin berlaga.

Mereka adalah Dr Anang Sophan Tornado, Prof Dr Abdul Halim Barkatullah, Dr Saprudin, Dr Achmad Faishal, Dr Hj Erlina, Dr Ifrani dan Dr Hj Rahmida Erliani yang mengajukan lamaran.

Mereka pun menyampaikan visi-misi calon Dekan FH ULM pada 9 Maret 2022 di hadapan Senat FH. Hingga mengerucut mencari tiga besar calon dekan. Ada tiga calon dekan yang melaju. Yakni, petahana Abdul Halim Barkatullah merebut 5 suara, disusul Ifrani dengan 4 suara dan terakhir 3 suara didulang Achmad Faishal.

BACA : Delegasi UPR Kagum Lihat Fasilitas Baru Fakultas Hukum ULM

Atas dasar itu, Senat FH ULM pun merekomendasikan dua nama teratas kepada Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi, yakni Halim Barkatullah dan Achmad Faishal.

Sebagai pemilik suara mayoritas dari rektorat, ternyata Rektor ULM dengan hak prerogatifnya memilih Dr Achmad Faishal sebagai Dekan FH ULM periode 2022-2028.

“Pemilihan Dekan Fakultas Hukum ULM merupakan hak prerogatif dari Rektor ULM. Bisa jadi, ada penilaian objektif dari seorang rektor sehingga memilih Dr Achmad Faishal menjadi dekan baru,” ucap Ketua Senat FH ULM, Prof Dr Muhammad Hadin Muhjad, usai menyaksikan pelantikan Achmad Faisal oleh Rektor ULM sebagai Dekan FHU di Rektorat ULM, Senin (5/7/2022).

BAC AJUGA : Targetkan Akreditasi A, Fakultas Hukum ULM Terus Berbenah

Pelantikan Dekan Fakultas Hukum juga bersamaan dengan pelantikan Dekan Fakultas MIPA ULM di Rektorat ULM Banjamasin. Menurut dia, walau saat pendaftaran bakal calon banyak akademisi Fakultas Hukum yang mendaftar, namun berdasar statuta ULM harus dicari tiga besar dan direkomendasi dua nama ke Rektor ULM.

“Ke depan, tentu banyak tantangan untuk Fakultas Hukum ULM demi mempertajam kiprahnya di Kalsel. Apalagi, Fakultas Hukum ULM merupakan kawah candradimuka yang mencetak ahli hukum dengan berbagai profesi ke depan,” pungkas Ketua Senat ULM ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/07/05/gantikan-halim-barkatullah-achmad-faishal-resmi-jabat-dekan-fakultas-hukum-ulm/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.