Gali Data dan Fakta Versi Warga Kampung Batuah, Senin Nanti Komnas HAM Datang ke Banjarmasin

0

USAI menyimak paparan versi Pemkot Banjarmasin soal rencana revitalisasi Pasar Batuah, kini giliran warga Kampung Batuah dan para pedagang yang akan dikorek keterangannya.

WAKIL Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Hairansyah mengatakan sebagai komisioner mediator diagendakan akan bertemu dengan warga dan pedagang Pasar Batuah, termasuk dengan LBH Ansor Kalsel pada Senin (4/7/2022).

“Rencananya, Senin mendatang, kami akan datang ke Kampung Batuah di Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur,” ucap Hairansyah kepada jejakrekam.com, Jumat (1/7/2022).

Ancah, sapaan akrab komisioner ini mengatakan sedikitnya ada tiga hal yang ingin digali dari warga Kampung Batuah. “Apa duduk persoalan versi warga Kampung Batuah, khususnya dengan penolakan mereka atas rencana revitalisasi Pasar Batuah,” ucap Ancah.

BACA : Bertemu Komnas HAM, Sekda Banjarmasin Sodorkan Alternatif Penyelesaian Masalah Pasar Batuah

Mantan komisioner KPU Kalsel ini mengatakan hal kedua menyangkut harapan yang diinginkan warga Kampung Batuah sebagai bentuk penyelesaian dari mulai ihwal terpenting dan lainnya.

“Ketiga terkait dengan data warga yang menjadi pedagang Pasar Batuah. Mereka yang menjadi penghuni Kampung Batuah sekaligus pedagang di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Kuripan,” beber Ancah.

BACA JUGA : Diminta Buka Data, Komnas HAM Siap Mediasi Sengketa Warga Batuah Vs Pemkot Banjarmasin

Mantan Direktur Eksekutif Yayasan Dalas Hangit (Yadah) ini mengaku materi soal rencana penggusuran pasar dan perkampungan Batuah akan menjadi materi diskusi saat Komnas HAM bertemu warga.

“Kami ingin menggali data lebih detail dan mendalam terkait dengan rencana penggusuran itu. Apa saja harapan warga Kampung Batuah terkait dengan masalah itu,” kata Ancah.

Sebelumnya, Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar telah menyampaikan data sekaligus solusi alternatif atas kisruh Pasar Batuah ke Komnas HAM di Jakarta pada Kamis (23/6/2022).

BACA JUGA : Pembongkaran Pasar Batuah Ditunda, Sekda Banjarmasin : Tunggu Hasil Mediasi Komnas HAM!

Sementara itu, kuasa hukum Aliansi Warga Kampung Batuah Syaban Husin Mubarak mengakui sudah mendapat informasi jika Komnas HAM akan datang ke Banjarmasin.

“Kami akan sampaikan data dan fakta termasuk alasan warga menolak penggusuran untuk memuluskan rencana revitalisasi Pasar Batuah,” ucap Ketua LBH Ansor Kalsel ini.

Sementara itu, sidang gugatan atas SK Walikota Banjarmasin Nomor 109 Tahun 2022 berisi rencana revitalisasi Pasar Batuah berlangsung di PTUN Banjarmasin, Rabu (29/6/2022).

BACA JUGA : Dana Revitalisasi Pasar Batuah Rp 3,5 Miliar Terancam Hangus? Disperdagin Banjarmasin Lobi Kemendag

Dua saksi fakta dihadirkan penggugat dari warga Kampung Batuah, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin. Yakni, Ketua 11 Humiadi dan Ketua RT 12 Muslian Noor.

Dari pengakuan dua saksi fakta ini terungkap bahwa sosialisasi rencana revitalisasi Pasar Batuah itu baru digelar Pemkot Banjarmasin, usai terbitnya SK Walikota yang jadi objek gugatan di PTUN Banjarmasin.

Di hadapan majelis hakim diketuai Berdyan Shonata dan dua hakim anggota; Ratna Kartini Sianipar dan Friska Arieta Aritadi serta pihak tergugat Walikota Ibnu Sina diwakili Kabag Hukum, Jefrie Fransyah, terungkap fakta-fakta yang terjadi di Kampung Batuah.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.