Angkat Teater Cerpen Kuyang, Seniman Balangan Siap Meriahkan ASKS XIX 2022 di Tanah Laut

0

PARA pelaku seni asal Kabupaten Balangan siap turut serta dan memeriahkan gelaran Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIX tahun 2022 di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

KESIAPAN kontingen Bumi Sanggam untuk mengikuti agenda tahunan terbesar bidang sastra di Bumi Antasari ini, diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Balangan, Baihaki.

Menurutnya, para pelaku seni dibawa Dewan Kesenian Balangan (DKB) yang akan ikut serta sebagai peserta ASKS XIX di Tanah Laut, saat ini sudah melakukan persiapan.

“Para penyaji yang akan tampil membawakan karyanya seperti teater saat ini tengah melaksanakan latihan rutin,” ujar Baihaki kepada jejakrekam.com, Jumat (1/7/2022).

BACA : Kalsel Kembali Berduka, Maestro Seniman Bapandung Banjar Abdussukur MH Tutup Usia

Kata dia, khusus teater yang akan ditampilkan, akan mengangkat cerita pendek (cerpen) berjudul Kuyang. Bukan hanya terkait persiapan tampil, Baihaki mengatakan pihaknya juga telah mengirimkan karya sastra dalam beberapa ajang lomba yang digelar oleh tuan rumah aruh sastra.

“Lomba cipta atau menulis syair misalnya, seniman kami atas nama Muhammad Jayadi sudah mengirimkan karyanya. Begitu juga dengan lomba atau agenda lainnya, kami tentu sebisanya mengikuti seluruh agenda yang dijadwalkan oleh panitia,” beber Baihaki.

BACA JUGA : Diakui Kemendikbud, Empat Budaya Balangan Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Terlepas dari itu, Baihaki mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung gelaran ASKS yang akan digelar pada Oktober 2022 nanti.

“Kita semua berharap, melalui gelaran ASKS ke XIX 2022 ini  mampu mendongkrak semangat baru dan motivasi dari para pelaku seni di Kalimantan Selatan untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.