Memiliki Tugas Berat, Tunjangan Kepala Sekolah di Balangan Naik

0

BUPATI Balangan, Abdul Hadi menaikkan insentif untuk kepala sekolah dari tingkat SD hingga SLTP/sederajat.

KENAIKAN insentif tersebut dianggap pantas, lantaran tugas sebagai seorang kepala sekolah lebih berat dibandingkan dengan guru biasa, sehingga orang nomor satu di Balangan ini mengeluarkan kebijakan tersebut.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Ribowo. Ia menjelaskan, dulu insentif kepala sekolah sebesar Rp 1,2 juta sedangkan guru biasa mendapatkan insentif Rp 800 ribu sampai 1 juta itupun tergantung masa kerja.

“Selisihnya sedikit antara kepala sekolah dan guru. Oleh karenanya, Bupati Balangan meminta untuk dinaikkan sehingga untuk kepala sekolah insentif menjadi Rp 1,5 juta,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu sebelumnya, Bupati Balangan, Abdul Hadi menyinggung masalah insentif antara kepala sekolah dan guru yang berbeda tipis.

Sementara, ujarnya, tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam rangka kelancaran dan kualitas ada di tangan kepala sekolah.

“Oleh karena pertimbangan hal tersebut maka pemerintah daerah menaikkan insentif kepala sekolah menjadi Rp 1,5 juta,” ujarnya.

Selain menaikkan insentif untuk kepala sekolah, bupati juga membuat kebijakan untuk memberikan tunjangan khusus bagi kepala sekolah dan guru yang bertugas di daerah pelosok mengingat medan dan jarak yang mereka tempuh sangat sulit serta jauh.

Bupati merasa kasihan guru yang mengajar dan bertugas di daerah pelosok tidak mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat.

Menurutnya hal itu karena ada kesalahan data dari Kementerian Desa yang diserahkan kepada Kementerian Pendidikan. “Oleh karena itu Pemkab Balangan tetap memberikan tunjangan khusus bagi mereka,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.