Jelang Idul Adha, Pemkab Balangan Sidak Harga Kebutuhan Bahan Pokok

0

PEMERINTAH Kabupaten Balangan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) harga di Pasar Tradisional Kecamatan Batumandi menjelang hari raya Iduladha, Selasa (28/6/2022).

KEGIATAN dilakukan untuk memantau harga kemudian ketersediaan bahan pangan pokok yang ada di pasar tradisional, baik di Batumandi maupun pasar tradisional lainnya.

Asbit selaku JF Penjamin Mutu Produk dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan, mengatakan bahan pangan pokok yang mencakup 16 pangan pokok tersedia dan cukup. Ketersediaan minyak goreng kemasan dan curah di pasar tradisional juga cukup.

“Harga bahan pangan ada yang mengalami kenaikan dan penurunan seperti harga minyak goreng curah yang dulunya langka sekarang sudah ada dengan harga Rp14 ribu dan beberapa toko sudah menjual minyak goreng curah tersebut,” ungkapnya.

Menurut dia, dari hasil sidak yang dilakukan hari ini ditemukan ada bahan pangan pokok yang mengalami kenaikan harga. Salah satunya cabai merah dan ayam potong.

Kemudian, untuk cabai merah dari harga Rp 60 ribu naik menjadi Rp 70 ribu. Sedangkan ayam potong dari harga Rp 28 ribu naik Rp 30 ribu per kilogramnya.

Dikatakan Asbit, kalau untuk cabai, memang ada beberapa faktor yang mengakibatkan harganya menjadi melambung tinggi, salah satunya faktor cuaca dan penyakit tanaman. Sedangkan untuk beberapa barang pangan pokok yang lainnya mengalami kenaikan tetapi tidak signifikan hanya naik antara Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu yaitu seperti telur dan minyak curah.

Sebagai tindak lanjut dari kenaikan komoditas harga tersebut, pihaknya akan mengevaluasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait tentang naiknya harga pangan jelang Idul Adha.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.