Jadi Desa Wisata Susur Sungai, Kampung Hijau Sungai Bilu Segera Dilengkapi Dermaga

0

BEDAH Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu, Banjarmasin Timur dengan menyasar 100 rumah berbiaya Rp 5 juta per rumah telah rampung pada Desember 2017.

PEMUKIMAN warga di tepian Sungai Martapura ini juga terakses dengan jalan berupa titian beton, menggantikan titian ulin. Ini belum termasuk pemasangan tiang lampu penerangan jalan dengan model solar cell.

Cukupkah? Ternyata proyek itu berlanjut lagi di masa kepemimpinan Walikota Ibnu Sina di periode kedua. Pada APBD Banjarmasin 2021 lalu, digelontorkan proyek pembangunan tangka septic individual (bio filter) di Kampung Hijau Sungai Bilu senilai Rp 2,5 miliar.

Proyek milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin ini digarap  CV Mitrayasa Nusantara dengan harga negosiasi Rp 2 miliar lebih. Ternyata, Walikota Ibnu Sina tak cukup hanya itu. Dermaga Kampung Hijau yang menjadi desa (kampung) wisata susur sungai di Banjarmasin akan segera dibangun di tempat itu.

BACA : Menyoal Konsep Kampung Tematik, Antropolog ULM : Jangan Sasiranganisasi Diterapkan di Banjarmasin

Pemkot Banjamasin menggandeng PT PLN Kalselteng (Persero) melalui dana CSR atau tanggungjawab sosial lingkunga (TJSL) pengembangan desa wisata dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kampung Hijau.

Hal ini ditandai dengan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) pembangunan Dermaga Desa Wisata Kampung Hijau, di Jalan Sungai Bilu Laut, Sungai Bilu, Rabu (29/6/2022).

Pemancangan tian pancang ini disaksikan Walikota Ibnu Sina bersama Senior Manager KKU PLN UIW Kalselteng, Sigit Fanani dan pejabat teras Pemkot Banjarmasin.

BACA JUGA : Menengok Kampung Biuku Banjarmasin, Objek Wisata Sekaligus Penangkaran Reptil Langka

Walikota Ibnu Sina berharap dengan adanya dermaga di Kampung Hijau ini akan memudahkan bagi perahu atau kelotok untuk bersandar. Terlebih lagi di Kampung Hijau sudah berkembang industri rumahan seperti pembuatan kerupuk udang, usaha kuliner dan lainnya.

“Dengan pembangunan dermaga dan pembinaan UMKM ini akan mempercepat pemulihan ekonomi Kota Banjarmasin pasca pandemi Covid-19,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Puncak Festival Kampung Banjar di Sungai Biuku, Lempeng Balayung Naik Pamor

Ia berharap dengan adanya dermaga itu bisa mempermudah bagi akses wisatawan berkunjung ke Kampung Hijau, karena masuk dalam rute destinasi wisata susur sungai Banjarmasin yang berpusat di dermaga Menara Pandangan Siring Tendean, Banjarmasin. Hal itu akan mendongkrak industri rumahan di perkampungan tersebut.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.