Antisipasi Subvarian Covid Baru Menyebar, BIN-Pemkab HSS Gencarkan Vaksinasi Massal

0

MEREBAKNYA varian baru hasil mutasi dari virus Covid-19 di beberapa daerah, tak menyurutkan gerakan vaksinasi massal.

BADAN Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan bersama Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) demi membentuk kekebalan komunal menggelar vaksinasi Covid-19 di STAI Darul Kandangan, Kamis (30/6/2022).

Kepala BIN Daerah Kalsel Brigjen Pol Heri Armanto melalui Kabag Operasional Kolonel Achmad Syaifuddin mengungkapkan gerakan vaksinasi massal ini harus menyeluruh dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Hal ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami gencarkan vaksinasi Covid-19 baik untuk dosis 1, 2 dan booster dengan sasaran anak-anak, dewasa dan lanjut usia,” ucap Ahmad Syaifuddin.

BACA : 1 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di RSUD Ulin, Mayoritas Terinfeksi Varian Omicron

Dengan cakupan vaksinasi Covid-19 menyeluruh, Syaifuddin mengatakan kondisi pandemi bisa segera diubah menjadi endemi. “Informasi di beberapa daerah di Indonesia sudah terdeteksi varian Covid baru. Yakni, varian Covid Omicron BA.4 dan BA.5. Karenanya, kami mengimbau agar masyarakat segera mengikuti vaksinasi Covid-19 ini,” kata Syaifuddin.

Ia hakkul yakin dengan terbentuk herd immunity (kekebalan komunal) di suatu wilayah, maka kasus penyebarannya bisa diantisipasi dan dikendalikan.

“Untuk kegiatan vaksinasi massal di STAI Darul Ulum Kandangan ini, kami targetkan ada 300 orang. Terdiri dari dari kalangan mahasiswa serta masyarakat di sekitar kampus,” katanya.

BACA JUGA : Kasus Covid-19 Melandai, Tabalong Waspada Mutasi Varian Omicorn 500 Persen Lebih Menular

Bupati HSS H Achmad Fikry pun ikut memantau pelaksananan vaksinasi Covid-19 di STAI Darul Kandangan tersebut.

“Kekebalan komunal bisa tercipta ketika angka vaksinasi massal di tengah masyarakat tinggi. Kita harus mewaspadai subvarian baru Covid-19 yakni BA.4 dan BA.5 yang ada di daerah lain, jangan sampai terdapat di Kabupaten HSS,” kata Fikry.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.