SMAN 2 Banjarbaru Sediakan 10 Rombel Pada PPDB Online Tahun Ajaran 2022/2023

0

PENDAFTARAN Peserta Didik Baru (PPDB) online pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun ajaran 2022/2023 serentak resmi digelar pada Senin (27/6/2022) hingga Rabu (29/6/2022).

TERPANTAU, pada hari kedua pendaftaran di SMAN 2 Banjarbaru diungkapkan Haryono selaku Ketua PPDB SMAN 2 Banjarbaru, total pendaftar pada semua jalur sudah sebanyak 369 lebih.

Adapun jalur yang dimaksud yakni jalur zonasi sudah 239 pendaftar, afirmasi ada 30 pendaftar, prestasi akademik sebanyak 65 pendaftar dan Pprestasi non akademik sebanyak 25 pendaftar, serta perpindahan orang tua sebanyak 10 pendaftar.

“Tahun ini sekolah membuka 10 rombongan belajar (rombel) dengan total yang akan diterima sebanyak 320 siswa,” kata Haryono saat ditemui di ruangan MGMP Sekolah, Selasa (28/6/2022).

BACA: Hari ini PPDB Online Dibuka, Pilih SMK Moestro dan SMA Al Mazaya

Haryono menerangkan setiap jalur memiliki kuota masing-masing. Misalnya saja pada jalur zonasi, kuota yang tersedia sebesar 50 persen, untuk afirmasi 15 persen, prestasi akademik 15 persen. Sedangkan prestasi non akademik 15 persen, serta perpindahan orang tua sebesar 5 persen.

Dari banyaknya siswa yang mendaftar, dikatakan Haryono lagi, nantinya akan diseleksi pada kuota masing-masing jalur dan hal tersebut berdasarkan sistem ranking.

“Jalur zonasi akan diterima sebanyak 160 siswa, afirmasi 48 siswa, prestasi akademik 48 siswa, prestasi non akademi 48 siswa, dan pindahan orang tua 16 siswa,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Eksan Wasesa selaku Kepala SMAN 2 Banjarbaru menyampaikan bahwa perihal sistem aplikasi pendaftaran masyarakat sudah cukup familiar. Hal ini berkaca pada permasalahan maupun kesulitan pendaftaran sudah berkurang daripada tahun sebelumnya.

“Namun masih banyak orang tua yang memaksakan diri untuk anaknya diterima di sekolah negeri. Padahal secara zonasi tidak masuk kriteria tapi mereka mencoba jalur lainnya lagi. Harapan kedepannya masyarakat dapat taat aturan karena semua sudah diatur oleh sistem agar pendidikan itu lebih berkualitas,” pungkasnya.

BACA JUGA: Banjarbaru Ingin Bangun SMA Negeri Baru di Kawasan Landasan Ulin

Sementara itu, saat ditemui di lapangan banyak orang tua siswa berbondong-bondong menyambangangi sekolah untuk mendapat informasi terkait pendaftaran maupun kendala yang mereka temui.

Misalnya saja Ria, salah satu orang tua siswa yang mendaftar melalui jalur perpindahan orang tua, menuturkan data anaknya masih menunggu verifikasi sekolah.

“Kami mendaftar dari Senin kemarin, tapi sampai saat ini (Selasa, 28/6/2022) belum terverifikasi. Padahal data yang dilampirkan sudah benar aja. Mudahan segeranya terverifikasi dan lolos,” tuturnya.

Kendati demikian, perihal ketentuan dan syarat PPDB SMA semua jalur sudah tertuang lengkap dalam petunjuk teknis yang dirilis Disdikbud Kalsel.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/06/29/sman-2-banjarbaru-sediakan-10-rombel-pada-ppdb-online-tahun-ajaran-2022-2023/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.