Sanggar Bunga Tanjung Pulau Laut Meriahkan Ragam Pesona Budaya Banjar

0

TIDAK pernah tampil sejak tahun 1994, Sanggar Bunga Tanjung Pulau Laut dari Kabupaten Kotabaru, tampil memukau dihadapan ratusan penonton di panggung terbuka Bakhtiar Sanderta, Jumat (24/6/2022) malam.

DALAM rangkaian gelaran Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2022, pertunjukan dibuka dengan alunan musik panting, Sanggar Bunga Tanjung Pulau Laut menyuguhkan Teater Japin Anak Delapan dengan tema ‘Legenda Pulau Balik Sumpah’.

Legenda ini menceritakan sebuah Kerajaan Pulau Halimun yang dipimpin seorang Raja Sambu Batung dibantu sang adik bernama Sambu Ranjana.

BACA: Panggung Terbuka Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2022 Digelar Taman Budaya Provinsi Kalimantan

Mahkota kerajaan diserahkan oleh ayahandanya, yaitu Raja Pakurindang karena sudah tua dan hendak pergi bertapa, Kerajaan Pulau Halimun tentram dan damai dengan hasil lautnya.

Satu ketika Dayun pengasuh dari anak delapan menghadap Raja, dan memberitahukan akan kedatangan tamu dari kerajaan asing (Kerajaan Banjar) dengan cara menembus mantra dinding penyibak halimun Kerajaan Pulau Halimun.

Dengan sigap raja memerintahkan
Dayun agar memanggil anak delapan yang berada di penjuru delapan mata angin, yang merupakan simbol kekuatan Kerajaan Halimun. Mereka sudah dilatih dan dipersiapkan dalam hal ilmu ketatanegaraan, kanuragan (beladiri) serta keahlian lainnya.

Raja memerintahkan Dayun agar anak delapan menunjukkan keterampilan mereka masing-masing, singkat cerita Kerajaan Halimun masuk Islam.

BACA JUGA: Taman Budaya Kalsel Kemas Festival Karawitan Banjar Layaknya Konser Musik Modern

Ditemui usai pertunjukan, sutradara sekaligus pelatih tari Rahmadi mengatakan, pertunjukan tetaer sedikit dikolaborasikan dengan tarian, agar tampilan bisa lebih menarik, namun secara utuh dimainkan.

“Kami berharap generasi muda bisa lebih menggeluti seni tradisi agar bisa mengenalkan kebudayaan,” katanya.

Dipandu Aldino Yoga Monavia C (Adul Pikap/Nanang Yoga), Irisa (Cuir) dan Giffari pegelaran ditutup dengan kebiasaan dari Teater Japin Anak Delapan yaitu pesta hiburan rakyat yang diaplikasikan mengajak penonton ikut menari.

Panggung Terbuka Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2022 ini digelar Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan Kemendikbud RI melalui UPTD Taman Budaya Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.