Segera Rampungkan SUTT Batulicin-Tarjun, PLN Jamin Sistem Kelistrikan Kalsel Andal

0

PENYEDIAAN sistem kelistrikan andal bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) jadi atensi khusus PT PLN (Persero). Bukti nyatanya adalah pemberian tegangan atau energize pada Extention 2 Line Bay Gardu Induk (GI) 150kV Batulicin.

GENERAL Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (IUP) KLT) Josua Simanungkalit mengatakan tujuan dari pembangunan Extention 2 Line Bay GI 150kV Batulicin merupakan bagian dari memperkuat keandalan sistem dalam suplai listrik di Kalsel.

“Terlebih lagi adanya kebutuhan listrik pada Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk  (PT ITP),” ucap Josua Simanungkalit dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022).

BACA : PLN Sosialisasikan Proyek SUTT 150 KV Jalur Selaru-Sebuku ke Warga Terdampak

Menurut dia, dengan diselesaikannya pembangunan GI 150kV Batulicin, sistem looping jaringan di Kalsel akan terkoneksi hingga Kalimantan Timur, segera terwujud. Hal itu, beber Josua, akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan pembangunan daerah dan meningkatkan iklim investasi di Kalimantan.

“Selanjutnya, kami akan menyelesaikan beberapa proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Kalsel seperti SUTT 150kV Batulicin – Tarjun, SUTT 150kV Selaru – Sebuku,GI 150kV Tarjun, GI 150kV Selaru serta GI 150kV Sebuku,” beber Josua.

Masih menurut dia, pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan terus berlanjut dan dimonitor progress pelaksanaannya. “Untuk SUTT 150kV Batulicin – Tarjun yang membentang sepanjang 79,765 kilo meter sirkit (kms) saat ini progresnya mencapai 94,35 persen.  Di mana memasuki tahap penyelesaian agar dapat segera beroperasi,” bebernya.

BACA JUGA : Penyesuaian Tarif Listrik PLN Berlaku bagi Pelanggan Rumah Tangga Berdaya 3.500 VA ke Atas

“Sebanyak 115 tower sudah hampir rampung dan tersambung. Kami siap untuk mensuplai listrik kepada Konsumen Tegangan Tinggi PT ITP. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan PT ITP untuk kesiapan operasi SUTT 150kV Batulicin – Tarjun. Harapan kami dapat segera terealisasi,” sambung Josua.

Dengan kegiatan penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang terus berlanjut, Josua mengatakan sistem kelistrikan yang andal akan segera tersedia. Hal ini dapat memberikan peluang kepada seluruh investor untuk dapat mengembangkan usahanya di Kalsel. “Nantinya juga akan berdampak pada peningkatkan pembangunan dan perekonomian daerah,” kata Josua.

BACA JUGA : PLN IUP Kalbagtim Bereskan 100 Persen Pembayaran Kompensasi Lahan Kena Jalur SUTT

Dia mengucapkan terima kasi atas dukungan semua pihak atas PLN, sehingga bisa menyukseskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dengan baik.

“Pembangunan infrastruktur kelistrikjan ini dilaksanakan untuk menyiapkan sistem kelistrikan yang andal. Sekali lagi, hal ini demi mewujudkan konsumsi listrik yang berkeadilan,” pungkas Josua.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/06/22/segera-rampungkan-sutt-batulicin-tarjun-pln-jamin-sistem-kelistrikan-kalsel-andal/
Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.