Turunkan Stunting, Ini Sejumlah Upaya yang Dilakukan Pemkab Balangan

0

DALAM rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Balangan, Wakil Gubernur Kalsel kunjungi Pemkab Balangan, Selasa (14/06/2022). Kedatangan Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin bersama rombongan disambut Bupati Balangan H. Abdul Hadi beserta sang istri Sri Huriyati Hadi.

WAKIL Gubernur Kalsel, H Muhidin pun mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Pemkab Balangan melalui berbagai program penurunan stunting di wilayah setempat dan capaian yang sudah diraih, yang mana Balangan sudah mulai terlihat penurunnya.

“Balangan sebelumnya diurutan tertinggi 52%, dimana sekarang sudah turun menjadi 32%, tetapi didalam urutan tersebut masih terbilang tinggi. Jadi untuk Kalsel saat ini dianjurkan menurunkan angka rata-rata 20%, sehingga dengan adanya kita berkunjung ke daerah Balangan, dapat bersinergi dengan Kabupaten yang ada di Kalsel khususnya Kabupaten Balangan” tuturnya.

H. Muhidin juga menyarankan terkait pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil, perlu bantuan minuman atau susu tambahan bagi balita 6 bulan ke atas agar pertumbuhan anak dari keluarga kurang mampu ini bisa lebih baik.

“Kalau datanya ada, kita akan coba melakukan pendekatan dengan perusahaan agar memberikan bantuan susu tambahan melalui dana corporate social responsibility (CSR),” kata Muhidin.

Muhidin berpendapat upaya penurunan kasus stunting harus dilakukan menyeluruh dan bersama-sama antara pemerintah dan swasta serta pihak lainnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H. Abdul Hadi turut menyampaikan strategi yang dilakukan dari pemkab Balangan yaitu sudah membentuk tim yang akan bersinergi dengan pihak Provinsi Kalsel.

“Tim ini tinggal bersinergi dengan Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka menekan angka penurunannya kembali. Semoga kita tidak diatas nasional dan tidak di atas provinsi,” kata Abdul Hadi.

Terakhir, acara pun dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari Pemkab Balangan, kepada Wagub Kalsel, yang diserahkan langsung oleh Bupati Balangan. Silaturahmi ini juga dihadiri oleh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.