Cerita Habib Fathur, Buyut Habib Basirih yang Konsen Berjuang Bersama Warga Kampung Batuah

0

TOKOH ulama Banua, Habib Fathurrahman Bahasyim yang merupakan buyut Habib Basirih (Habib Hamid bin Abbas Bahasyim) bergabung dengan warga Kampung Batuah, saat di bawah bayang-bayang penggusuran oleh Pemkot Banjarmasin, Sabtu (18/6/2022).

SEJAK pagi hari sekira pukul 06.00 Wita, usai shalat Subuh, Habib Fathurrahman dengan mengenakan gamis dan berkopiah haji membaur dengan ratusan warga Kampung Batuah. Sebenarnya, warga Kampung Batuah sudah bersiap diri menjaga perkampungan sejak Jumat (17/6/2022) malam dengan berjaga-jaga di depan akses masuk ke kawasan padat penduduk itu.

Habib Fathur, begitu ulama ini disapa juga dikawal personel dari Banser-Ansor Kalsel dengan mengenakan seragam loreng-loreng khas ‘serdadu’ Nahdlatul Ulama (NU). Tak hanya itu, sejumlah aktivis mahasiswa, advokasi dan pengacara turut mendampingi warga Kampung Batuah.

BACA : Dilema Revitalisasi Pasar Batuah, Habib Fathur Ingatkan Walikota Ibnu Sina Utamakan Sisi Kemanusiaan

Warga Kampung Batuah yang bermukim di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur memang jadi ‘sasaran’ untuk digusur pemerintah kota demi memuluskan proyek revitalisasi Pasar Batuah senilai Rp 3,5 miliar.

“Saya hadir di sini untuk merasakan apa yang dirasakan warga Kampung Batuah. Memberi semangat dan mengingatkan agar warga Kampung Batuah tetap bersabar,” kata Habib Fathur kepada jejakrekam.com, Sabtu (18/6/2022).

Ratusan warga Kampung Batuah dari kalangan emak-emak saat duduk memblokade akses masuk di Jalan Manggis dan Jalan Veteran. (Foto Sirajuddin)

Sudah berulang lagi, Habib Fathur mengingatkan agar Walikota Banjarmasin Ibnu Sina untuk lebih bijaksana dalam mengambil sebuah kebijakan. Apalagi, kebijakan itu menyangkut hajat orang banyak. Terlebih, ratusan warga yang terimbas proyek revitalisasi Pasar Batuah, kebanyakan adalah bertaraf ekonomi ke bawah.

BACA JUGA : Diimami Habib Fathur, Walikota Ibnu Sina dan Aditya Ikut Shalatkan Jenazah Muhammad Nur

Habib Fathur pun tampak turut mendampingi warga Kampung Batuah bersama tim advokat dari LBH Ansor Kalsel saat bernegosiasi dengan tim mediator yang diturunkan Pemkot Banjarmasin.

Tim mediator ini langsung dikomando Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman didampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito. Namun, mediasi pun berlangsung buntu, hingga eksekusi Kampung Batuah dikabarkan ditunda.

BACA JUGA : Besok Pagi Kampung dan Pasar Batuah Dibongkar, Jalan Veteran Ditutup Total, Ini Skenarionya!

Habib Fathur pun turut mengajak agar warga Kampung Batuah terus melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, seraya menduduki askes masuk di Jalan Veteran dan Jalan Manggis yang menuju ke Pasar Batuah.

Tak hanya itu, Habib Fathur pun menjadi iman shalat Zuhur dengan jamaah dari tim LBH Ansor Kalsel dikawal personel Banser di Jalan Veteran, Banjarmasin.(jejakrekam)

Pencarian populer:habib yg jd vetran
Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.