Viral! Video Musik Remix ‘Bara Bere’ di Acara Penutupan MTQ Kabupaten Banjar, Panitia Minta Maaf

0

VIRALNYA video penutupan MTQ VLV Tingkat Kabupaten Banjar 2022 di Mataraman yang diisi dengan alunan musik dangdut dengan lagu ‘bara-bere’ dipopulerkan Siti Badriah, menuai kecaman.

PENUTUPAN MTQ Kabupaten Banjar bertajuk Li Syi’aril Islam tahun 2022 dilakukan oleh Wabup Said Idrus Alhabsyi pada Rabu (15/6/2022) malam. Namun, acara bernuasa keagamaan tercoreng akibat adanya hiburan ‘house music’ yang membuat para penonton ikutan berjingkrak, termasuk para penyanyi di atas panggung utama.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan dalam rundown acara penutupan MTQ Kabupaten Banjar di Mataraman, sebenarnya tidak ada hiburan musik ala jingkrak-jingkrak. Hanya diisi musik japin dan bernuansa religi.

Saat itu, Saidi mengaku tengah berada di Jakarta karena menerima penghargaan SP4N Lapor di Hotel Ritz Carlon Jakarta. “Kejadian semacam ini tak boleh terulang lagi. Mari kita jaga marwah Kabupaten Banjar yang dikenal religius. Ini jadi pelajaran ke depan,” tegas mantan Wakil Bupati Banjar ini.

BACA : Jelang MTQ Nasional XXIX, Kafilah Kalsel Lakukan Pemusatan Latihan

Permohonan maaf secara terbuka juga diutarakan Ketua Umum Pelaksana MTQ XLV Tingkat Kabupaten Banjar, Agus Hidayat, atas viralnya video joget-joget dengan hiburan ala ‘house music’.

“Saya sangat menyesalkan atas kejadian itu. Apalagi, lokasi kejadian berada di panggung utama MTQ XLV Tingkat Kabupaten Banjar yang baru selesai ditutup,” kata Agus.

Dirinya menceritakan usai perhelatan selesai, panitia masih disibukkan untuk membantu peserta MTQ terbaik 2 dan 3 yang tertukar trofi piala, karean tidak sesuai dengan surat keputusan Dewan Hakim.

“Pada saat kejadian, saya pun langsung berkoordinasi dengan Kapolsek Mataraman. Kemudian saat lagu kedua, saya meminta kepada penyedia panggung dan petugas sound system untuk menghentikannya,” kata Agus.

BACA JUGA : Wagub Sumbar Datang ke Banjar, Tinjau Kesiapan Ajang MTQ Nasional 2022 di Kalsel

Camat Mataraman ini melanjutkan karena kejadiannya spontan, dirinya tidak bisa mengawasinya. “Kami memohon maaf atas kejadian ini, karena hal ini diluar kemampuan kami,” katanya.

Pertunjukan musik ala konser dangdut remix juga dikecam Ketua LPTQ Kabupaten Banjar H Masruri. Apalagi, beberapa bulan ke depan, Kabupaten Banjar menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Nasional.

“Peristiwa semacam ini menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi bagi kita. Jadi, ke depan pelaksanaan MTQ agar lebih hati-hati,” katanya.

BACA JUGA : Mengulang Memori Banjarmasin di 1970, Martapura Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional ke-29

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Banjar ini mengakui dirinya baru thau ada video konser dangdut di panggung MTQ usai viral di media sosial.

“Karena usai Wakil Bupati Kabupaten Banjar Habib Idrus Al Habsyie menyerahkan tropi piala kepada kafilah, kegiatan MTQ sudah ditutup,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.