Operasi Patuh Intan 2022, Bupati Balangan Imbau Masyarakat Taat Aturan

0

SELAMA 14 hari ke depan sejak 13 Juni sampai 26 Juni 2022, seluruh jajaran kepolisian se-Indonesia termasuk Polres Balangan akan menggelar kegiatan Operasi Kewilayahan Patuh Intan 2022.

PADA pelaksanaannya nanti, akan ada beberapa yang menjadi target penindakan hukum diantaranya, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara, yang kedua pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur dan lain-lain sebagainya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin saat menjadi pembina apel Operasi Patuh Intan 2022 di Polres Balangan, Senin (13/6/2022).

Dijelaskan Kapolres, Operasi Patuh Intan 2022 yang bertajuk “Tertib Berlalu lintas Menyelamatkan Anak Bangsa” ini, sesuai dengan surat telegram dari Kapolri.

“Personel yang kita siagakan untuk Operasi Patuh Intan 2022 ini sebanyak 35 orang anggota Polres dan 35 orang dari instansi terkait seperti TNI, Dishub, Satpol PP,” ungkapnya.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan operasi kepolisian ini, lanjutnya, dilakukan dengan penegakan hukum lantas dengan menggunakan e-TLE atau Elektronik Traffic Glow Investment dan dengan teguran terhadap tujuh prioritas pelanggaran.

Tujuh prioritas itu diantaranya pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara, masih di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman, dalam pengaruh alkohol, melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Cara bertindak yang dilakukan dalam Operasi Patuh Intan 2022 ini adalah dengan mengedepankan kegiatan preventif dan preventif, dan tidak diperkenankan melaksanakan kegiatan penegakan hukum lalu lintas secara stasioner.

“Kemudian hanya diperkenankan menggunakan sarana e-TLE baik statis maupun mobile serta teguran yang dilakukan secara simpatik dan humanis dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” tegasnya.

Bupati Balangan Abdul Hadi yang turut berhadir dalam gelar pasukan ini mengucapkan selamat bertugas kepada jajaran Polres Balangan yang menggelar Operasi Patuh tahun 2022.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.