Upaya PKK Kalsel Tingkatkan Ketahanan Pangan Keluarga Diapresiasi Gubernur

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor mengingatkan kecukupan pangan dalam keluarga adalah yang utama.

DISAMPAIKAN gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan Fathurrahman, pada acara pembukaan Bimtek Pemanfaatan Halaman Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga, di Mahligai Pancasila, Rabu (15/6/2022).

H Sahbirin Noor menyampaikan apresiasinya akan pelaksanaan bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Kalsel, yang bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel. “Melalui program dari PKK ini, daerah yang padat penduduk dan tidak memiliki halaman yang luas pun masih dapat memanfaatkan ruang yang ada,” sampainya.

BACA: Dinas Ketahanan Pangan Balangan Himbau Warga Tanam Sayur di Pekarangan

Menurutnya, program bimtek untuk pemanfaatan halaman ini dapat menjadi sebuah usaha untuk meningkatkan imunitas dan gizi keluarga, terutama di masa transisi covid-19 ini.

Dengan optimalisasi halaman pekarangan, tiap keluarga bisa menanam berbagai tanaman yang dapat menjaga ketahanan pangan dan memberikan tambahan gizi bagi keluarga.

“Kalsel masih menjadi salah satu daerah dengan angka kasus stunting tertinggi, sudah sepatutnya kita sama-sama bergerak dalam mencegah kurangnya pemenuhan gizi,” terangnya.

Dirinya mengharapkan kepada kader PKK baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk melaksanakan dan memantapkan upaya strategis dalam penanganan stunting.

BACA JUGA: Jejakrekam Gelar Diskusi Virtual, Bedah Ketahanan Pangan Kalsel di Tengah Pandemi Covid-19

“Mantapkan bersama gerakan ‘Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur Indah dan Nyaman (AKU HATINYA) dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga,” pesannya.

Sementara itu, dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh ketua panita Sukmawati, hasil yang diharapkan dari pelaksanaan bimtek ini adalah munculnya kesadaran untuk memanfaatkan pekarangan dan pengetahuan tentang pengelolaan sampah keluarga.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Pokja III TP PKK Pusat, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi, Penilik Pertanian DPTP Provinsi Kalsel, dengan total 91 peserta yang berasal dari Pokja III TP PKK kabupaten/kota, kecamatan dan desa se-Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.