Dinas Pertanian Barito Utara Kukuhkan Pos Penyuluh Desa

0

KEPALA Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Syahmiludin, mengukuhkan pengurus penyuluhan Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, di Dusun Transbangdep, Selasa (14/6/2022).

DIHADIRI Camat Teweh Selatan, Koramil Teweh Selatan, serta Pj Kepala Desa Bintang Ninggi I, Kepala Desa Trehean, Kepala Bidang Pertanian Ketahanan Pangan dan Holtikultura, serta badan penyuluh pertanian dan kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin mengatakan, pengukuhan sekaligus peresmian pos penyuluh desa sangat memiliki arti penting dan strategis dalam upaya membangun pertanian.

Adanya pusat penyuluhan desa, tentunya membuat petugas lebih dekat lagi dengan kelompok tani. Lebih mengetahui kendala dan permasalahan kegiatan usaha tani, sehingga dengan cepat kordinasi dan memberikan bimbingan.

BACA: Lahan Pertanian Di Kelurahan Tumpung Laung Dibuka

“Tidak lagi ke balai penyuluh pertanian atau ke Dinas Pertanian Kabupaten. Petugas nantinya akan kita tingkatkan skil dan kualitas petugas penyuluh desa tersebut. Kami meyakini mereka akan bisa membantu, dan mensuport kegiatan pertanian di wilayah desa masing-masing,” ucapnya.

Sementara Surya selaku Kepala Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Teweh Selatan dan Kecamatan Teweh Baru mengatakan, melalui penyuluh pos Desa Bintang Ninggi I ini, merupakan yang pertama dan merupakan pilot project bertempat di lokasi Kecamatan Teweh Selatan.

Ditambahkanya, kedepannya diharapkan pos ini bisa membangun pengembangan sumber daya manusia, terutama petani-petani milenial. “Disini akan digodok beberapa hal pertanian secara umum, menanggapi kebutuhan setiap persoalan-persoalan pertanian melalui musyawarah desa,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.