Lepas Pemberangkatan 268 JCH Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Ingatkan Cuaca Panas Landa Arab Saudi

0

RATUSAN jamaah calon haji (JCH) Banjarmasin yang tergabung dalam kelompok terbang 3 Embarkasi Banjarmasin (BDJ) dilepas Walikota Ibnu Sina di Masjid Jami Sungai Jingah, Selasa (14/6/2022).

RITUAL keagamaan pun mengiringi pelepasan pemberangkatan 268 JCH asal Banjarmasin yang akan segera masuk Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, hingga nanti bertolak ke Tanah Suci, Makkah-Madinah.

Walikota Ibnu Sina mengatakan ratusan JCH asal Banjarmasin ini akan dibagi dalam beberapa kloter untuk pemberangkatan musim haji 2022.

“Kami bersyukur karena jamaah haji Kota Banjarmasin tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji. Ada sebanyak 268 jemaah yang dibagi menjadi tiga kloter, dan ini yang (keberangkatan) pertama,” kata Ibnu Sina dalam sambutannya.

BACA : Arab Saudi Longgarkan Regulasi Covid-19, Warga Kalsel Berbondong-bondong Berangkat Umrah

Embarkasi Banjarmasin sendiri akan menerbangkan 7 kloter, yaitu 5 kloter dari Kalimantan Selatan (Kalsel) dan 2 kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng). Dari 7 kloter tersebut, Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan 1.743 orang jemaah untuk Provinsi Kalsel dan 736 orang untuk Provinsi Kalteng. 

“Di kloter tiga, kloter empat, dan terakhir nanti kloter tujuh itu tahun ini tidak ada satu daerah pun yang kloternya full. Jadi, dibagi semua kloter ada dari kabupaten dan kota, termasuk dari Banjarmasin,” papar Ibnu Sina.

Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini mengatakan pemberangkatan tamu Allah ini langsung dikoordinir Kementerian Agama sebagai penyelenggara ibadah haji tahun 2022.

“Pemerintah kota hanya mensupport saja terkait berbagai hal baik persiapan, pemberangkatan hingga nanti mereka pulang ke tanah air,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Masuk Asrama Haji Mulai 11 Juni 2022, CJH Kalsel dan Kalteng Dibagi 7 Kloter

Berpengalaman naik haji ke Tanah Suci Makkah-Madinah, Ibnu Sina pun mengingatkan agar JCH benar-benar mempersiapkan diri secara fisik dan mental, termasuk berkoordinasi terus dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin.

“Terpenting adalah tetap menjaga kesehatan tetap prima. Sebab, cuaca yang ada di Arab Saudi jauh berbeda dengan Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina.

Seperti adanya imbauan dari Kemenag agar para jamaah haji saat berada di pelataran Masjidil Haram Makkah maupun Masjid Nabawi Madinah untuk bisa menggunakan alas kaki karena sedang musim panas. Untuk diketahui, cuaca di Arab Saudi pada siang hari rata-rata di atas 40°C, sedangkan pada malam hari mencapai 28°C.

BACA JUGA : Lepas Ratusan Calon Jamaah Haji, H Ibnu Sina Doakan Mabrur

“Alhamdulillah, jamaah haji asal Banjarmasin juga sehat semua. Bahkan, tidak satu pun yang terpapar Covid-19 berdasar hasil tes PCR dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Jadi, semua jamaah sudah siap berangkat ke Tanah Suci,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.