Bikin Pojok Pengawasan Pemilu, Bawaslu-Pemkab Tabalong Jalin Kerja Sama

0

JELANG perhelatan even politik besar, Bawaslu Kabupaten Tabalong jalin kerja sama dengan Pemkab Tabalong dalam bentuk nota kesepahaman (memorandum of understanding).

PENANDATANGANAN nota kesepahaman tentang kearsipan dan pojok pengawasan ini ditandatangani oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersama Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan di Pendopo Bersinar, Tanjung, Senin (13/6/2022).

Penandatanganan ini juga turut disaksikan oleh Wakil Bupati H Mawardi dan Kadispersip Kabupaten Tabalong Herwandi serta anggota Bawaslu lainnya,  Senin (13/6/2022).

Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan mengatakan kerja sama ini dalam rangka meningkatkan hubungan antarlembaga dalam pengelolaan arsip pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bumi Sarabakawa.

“Terlebih saat ini, Bawaslu hingga tingkat kabupaten/kota sudah berstatus permanen, karenanya keberadaan arsipnya harus benar-benar terkelola dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana ketentuan yang berlaku,” ujar Hisran.

BACA : Maksimalkan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Tabalong Gandeng 12 Polsek

Kerja sama ini, dikatakan dia, meliputi penyelamatan dan pelestarian arsip pengawasan, peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia dalam pengelolaan kearsipan di lingkungan Bawaslu Tabalong.

“Melalui kerja sama ini juga dapat dikembangkan sosialisasi pengawasan partisipatif melalui pojok baca yang tersedia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong,” bebernya.

Senada itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyambut baik adanya kerjasama antara kedua belah pihak. “Dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini, kita selangkah lebih maju untuk menghadapi perhelatan politik besar, Pemilu Presiden dan Legislatif pada Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada November 2024,″ ujarnya.

BACA JUGA : Jadi Penyangga IKN, Bupati Tabalong Usulkan 4 Program Infrastruktur ke Komisi V DPR RI

Anang menginginkan jajaran Bawaslu Tabalong terus mempersiapkan diri menghadapi setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pada 14 Juni 2022.

“Saya terus mengikuti dari media sosial dan media massa, Bawaslu Tabalong sangat intens melakukan konsultasi dan pertemuan dengan instansi terkait. Kami menyambut baik kegiatan tersebut sehingga ada pemahaman yang sama terhadap berbagai aturan penyelenggaraan pemilu,” ungkap Anang Syakhfiani.

BACA JUGA : Capaian Vaksinasi Tanjung Tinggi, Bupati Tabalong Minta Kecamatan Lain Mencontoh

Menurut dia, apa yang dilakukan Bawaslu juga dapat dilaksanakan oleh pengawas pemilu hingga tingkat kecamatan dan kelurahan/desa. “Saya harap kawan-kawan Pengawas Pemilu yang menjadi perpanjangan tangan Bawaslu di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa juga intens melakukan koordinasi dengan instansi setempat,” katanya.

Bupati Anang juga meminta Bawaslu Tabalong jangan ragu-ragu untuk mengambil langkah dan tindakan dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada mendatang. “Laksanakan saja sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, dan kami siap mendukung itu,” pungkas Anang.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.