Pojok Statistik Hadir di FMIPA ULM Banjarbaru Untuk Mudahkan Pelayanan

0

MENJADI salah satu program Badan Pusat Statistik (BPS) RI guna mendekatkan pelayanan statistik kepada masyarakat, BPS berkolaborasi dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

ULM merupakan kampus pertama di Kalimantan Selatan yang memilik Pojok Statistik ini, dan kolaborasi tersebut diresmikan dengan nama Pojok Statistik di Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) ULM Banjarbaru, Kamis (9/6/2022).

Atqo Mardiyanto selaku Sekretaris Utama BPS RI yang meresmikan secara langsung Pojok Statistik mengungkapkan, bahwa berdasarkan survey BPS salah satu pengguna terbanyak dari data statistik itu adalah akademisi. Karena itu, untuk melayani para akademisi agar tidak perlu susah mencari data, Pojok statistik ini dapat menjadi solusi.

BACA: Roy Rizali Anwar: Metadata Statistik Sektoral Kunci Pembangunan Daerah

Atqo menyebutkan apabila memerlukan data atau konsultasi statistik dapat menyambangi Pojok Statistik. “Nantinya bukan hanya mahasiswa dan dosen saja yang dapat berkunjung, tetapi terbuka untuk masyarakat umum sehingga literasi statistik semakin bagus,” harapnya.

Sementara itu, Rektor ULM Sutarto Hadi turut menyambut hangat akan keberadaan Pojok Statistik. Ia menyampaikan bahwa segala bentuk data itu mencerdaskan. “Jadi semua kegiatan seperti pengambilan keputusan dan kebijakan, baik pada pemerintah, akademi maupun perguruan tinggi tidak lagi berdasarkan presepsi atau asumsi. Tapi berdasarkan data,” tuturnya.

Sutarto juga mengajak semua masyarakat untuk berkunjung ke Pojok Statistik. “Kami bekerjasama dengan BPS siap melayani masyarakat Kalsel,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.