Bicarakan Soal IKN hingga DAK Pendidikan, DPRD Kalsel Sambangi Bappenas RI

0

DALAM rangka persiapan penyelenggaraan Kalsel menjadi pintu gerbang IKN,  terkait upaya peningkatan mutu dan kualitas layanan RSUD Ulin serta Dana Alokasi Khusus (DAK) SMA/SMK dan Pendidikan Khusus, Komisi IV DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI), Jumat (10/6/2022). 

KEDATANGAN Komisi IV DPRD Kalsel disambut Kepala Bappenas RI  yang diwakili Direktur Bidang  Agama, Pendidikan dan Kebudayaan  Amich Al Humami  beserta Direktur Regional 2 M Roudo beserta jajarannya.

Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Amich Al Himami  mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kedatangan Komisi IV DPRD Kalsel di Bappenas RI.

“Pertemuan resmi  ini, disamping untuk kita saling mempererat hubungan silaturrahmi yang baik, juga untuk mendapatkan gagasan pemikiran konstruktif sebagai bentuk koordinasi dan menjalin  kerjasama antara pemerintahan pusat dan daerah,” ujar Amich Al Himami.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Syaifuddin mengungkapkan, kedatangan pihaknya ke Bappenas RI untuk  mengupayakan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kalsel terutama dibidang Kesehatan dan  pendidikan.”

“Alhamdulillah sudah mendapatkan jawaban yang positif. Terutama harapan kita untuk adanya penambahan pembangunan sarana dan prasarana unit sekolah baru,” ucap Lutfi.

Insya Allah, lanjutnya, untuk tahun 2023 yang akan datang kita akan berhasil mendapatkan. Khususnya di 3 (tiga) wilayah Kabupaten Kota yakni kabupaten Hulu Sungai Selatan, Tapin dan kabupaten Banjar karena wilayah tersebut sudah bisa mempengaruhi indikator angka harapan sekolah pada IPM Kalsel. Sehingga Bappenas RI sudah bisa menentukan kabupaten mana yang bisa mendapatkan Unit Bangunan Sekolah baru pada tahun 2023 yang akan datang.

“Kami akan segera berkoordinasi kepada teman-teman di 3 (tiga) wilayah kabupaten/kota tersebut, sehingga bisa terwujud untuk pemenuhan pemerataan di bidang pendidikan di Kalsel agar lebih baik,”ujarnya lagi.

Selain itu pula M. Lutfi Sayaifuddin menjelaskan  terkait diibidang kesehatan, khususnya keberadan RSUD Ulin yang saat ini sudah paripurna. Seperti dalam pelayanan jantung akan ditingkatkan pelayanan.

Diantaranya, kata dia, dengan beberapa peralatan-peralatan yang akàn ditambah dengan peralatan yang diperlukan dan ini sudah dipastikan akan mendapatkan dukungan di tahun 2023, sehingga hanya beberapa yang mungkin masih memerlukan anggaran dari APBD. “Kita berharap dengan adanya DAK dari pusat  dan APBD Kalsel di tahun 2023 sesegeranya  sudah memiliki fasilitas jantung yang paripurna dan komplit  bisa terwujud,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sarkani/Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.