Mengais Rezeki dari Bisnis Pemanfaatan Drum Bekas yang Menjanjikan

0

BARANG dan bahan sisa, seperti drum bekas dan drum minyak goreng, atau oli mampu dijual dan menghasilkan, hingga mampu mengais rezeki berupa uang. Sebab, jika profesi ini digawe orang-orang yang memiliki tenaga dan fisik kuat, maka hal tersebut mudah. Seperti pekerjaan yang dilakoni di kawasan Jalan Kolonial Sugiono, Banjarmasi.

JEJAKREKAM.COM, Selasa, (7/6/2022) sekitar pukul 12:15 Wita siang, memperhatikan dari kejauhan perkerjaan yang digeluti kakek Poniran (65). Dengan peralatan secukupnya, Poniran, menggunakan kemahirannya, dengan tukul ( palu), gergaji besi, mengerjakan pesanan pelanggan pembuatan bak sampah. “Bahan yang digunakan pun drum bekas oli atau bekas minyak goring. Kemudian dibikin sebaik mungkin, lalu dijual kepada pemesan,” ucap Poniran disela kesibukannya.

Usaha yang digeluti hampir 45 tahun tersebut, berawal dari orang tuanya,  hingga Ia melakoni saat ini. “Aku melanjutkan pekerjaan ini dari orang tua dulu, dan tak terasa sudah lama sekali usaha ini, dan mampu mengais rezeki untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” tambahnya.

BACA: Bertahan Hidup, Mengais Rezeki Lewat Servis Jam

Harga jual pun bervariasi. “Ya, ada harga Rp100 ribu jika drum bekas dipotong. Kalau drumnya full, ya aku jual Rp200 ribuan lah,” bebernya.

Namun, selanya, tak hanya untuk tempat sampah. “Banyak juga yang pesan, untuk pelanggan penjual ayam potong, untuk merebus kacang kedalai pembuat tempe, dan lainnya,” papar Poniran enteng.

Memang, jelasnya, usaha ini sangat menjanjikan, apalagi drum bekas ini datang sendiri atau diantar langsung pemilik drum bekas, untuk diolah kembali. “Ya, biar sama-sama untung. Aku untung, pemilik drum bekas juga untung,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.