Deteksi Penyakit 217 Warga Binaan, Rutan Tanjung Terjunkan Petugas Kesehatan

0

RUMAH Tahanan Negara (rutan) Kelas IIb Tanjung mengecek kesehatan ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menghuni ‘penjara’ di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Tanjung, Kabupaten Tabalong.

BERLOKASI di Klinik Rutan Kelas IIB Tanjung, petugas kesehatan Tri Wahyudi dan Wahyu Fajri Ramadhan melakukan skrining terhadap 217 warga binaan, Rabu (8/6/2022).

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Rommy Waskita Pambudi mengatakan dari hasil skrining tersebut dapat diketahui sejak dini riwayat sakit maupun penyakit yang diderita oleh masing-masing WBP.

“Dengan skrining bisa dipetakan WBP yang sehat, yang memiliki riwayat penyakit berbahaya/menular ataupun biasa,” ujar Rommy Waskita kepada awak media di Tanjung, Rabu (8/6/2022).

BACA : 102 WBP Rutan Tanjung Terima Remisi, 3 Orang Langsung Bebas

Menurut dia, ketika warga binaan ada yang sakit bisa langsung direspon dengan penanganan yang cepat dan tepat. “Dengan diketahui penyakit yang diderita warga binaan, dapat menghindari penyalahgunaan obat-obatan terhadap warga binaan yang tidak sakit,” kata Rommy.

Petugas kesehatan Rutan Tanjung, Wahyu Fajri Ramadhan mengatakan, sebelum dilakukan skrining ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada semua warga binaan akan kegiatan skrining tersebut.

BACA JUGA : Rutan Tanjung Gelar Razia Gabungan, Upaya Deteksi Barang Terlarang

“Skrining yang dilakukan terhadap warga binaan ini dilakukan secara bertahap yang dibagi perblok dan kamar tiap hari,” bebernya.

Pemeriksaan kesehatan ini telah dilaksankan sejak awal Juni hingga sekarang. Pemeriksaan ini sendiri mencakup pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi badan dan berat badan, hingga pengecekan riwayat penyakit.

“Dengan skrining ini, kami berharap dapat mendeteksi penyakit warga binaan sebelum dirinya jatuh sakit,” ujar Ramadhan.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.