Buka Rakercab dan Sidparcab, Bupati Tabalong Pesan Gerakan Pramuka Berkualitas dan Berdaya Saing

0

BUPATI Tabalong Anang Syakhfiani menginginkan sumber daya manusia (SDM) memiliki generasi yang berpotensi dan berkemampuan yang berkualitas melalui organisasi Pramuka.

PESAN ini diutarakan Bupati Anang Syakhfiani saat membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dan Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) 2022 gelaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong, di Aula Pendopo Bersinar, Tanjung, Rabu (8/6/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Anang Syakhfiani yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Tabalong mengatakan, Gerakan Pramuka ini merupakan suatu organisasi yang memiliki nilai – nilai luhur yang mencerminkan semangat bangsa Indonesia.

“Kiranya gerakan Pramuka ini mampu memberikan hal positif bagi generasi muda di Tabalong,” ujar bupati dua periode ini.

BACA : Rakerda Dan Sidparda Kalsel 2022, Gerakan Pramuka Kalsel Terus Bergerak

Menurut dia, peran Pramuka tidak cukup hanya untuk menjadi anak yang baik saja, namun harus jadi peran yang baik. Kemudian, generasi Pramuka menjadi contoh yang baik, dan serta punya kemampuan untuk mengajak dan memberikan positif vibes kepada banyak orang.

“Seperti menumbuhkan rasa nasionalisme, kemampuan beradaptasi, tingginya toleransi, dan sikap solidaritas tertanam jelas dalam Pramuka,” paparnya.

Bupati Anang menginginkan ke depan setiap Anak Pramuka harus memiliki kemampuan daya saing yang kuat. “Sekarang Tabalong sudah menjadi daerah terbuka, sehingga tantangan pun semakin tinggi, hingga dibutuhkan sumberdaya manusia yang juga berkualitas,” ucap Anang.

BACA JUGA : Hj Raudatul Jannah Berbuka Puasa Bersama Anggota dan Pengurus Kwarda Pramuka Kalsel

Masih menurut dia, dengan adanya peran Pramuak di sekolah harus dikelola dengan baik. Sebab, penyiapan SDM nantinya bisa jauh lebih baik dan mampu bersaing. “Pramuka harus lebih banyak menunjukkan perannya dalam kehidupan masyarakat,” katanya.

Gerakan Pramuka, kata Anang, sebagai tempat untuk mendidik dan melatih diri sangatlah berperan dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia,” tuturnya.

BACA JUGA : Jadi Penyangga IKN, Bupati Tabalong Usulkan 4 Program Infrastruktur ke Komisi V DPR RI

Dalam laporannya, Ketua Harian Kwarcab Tabalong, H Yuhani mengatakan, kegiatan Rakercab dan Sidparcab ini diikuti oleh utusan Kwarcab Tabalong seperti andalan cabang, dewan kehormatan, lembaga pemeriksa keuangan, pusat pendidikan dan pelatihan, pimpinan satuan karya pramuka, satgas pramuka peduli dan anggota dewan kerja cabang.

“Kemudian juga ada utusan setiap ranting yang terdiri dari ketua dan sekretaris kwartir ranting serta ketua dan wakil ketua dewan kerja ranting,” ujarnya.

Dikatakan Yuhani, agenda kegiatan ini adalah penyampaian hasil program kerja Kwarcab Tabalong di 2021 dan merancang program kerja untuk 2022.

BACA JUGA : Lantik 5 Pejabat Baru, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Ingatkan Akselarasi Pembangunan Daerah

Kemudian melaporkan program kerja 2021 dan rancangan program kerja 2022 dewan kerja Pramuka penegak dan pandega Kwarcab Tabalong. “Dalam kegiatan juga disampaikan hasil rekomendasi Rakercab 2022 dan rekomendasi Sidparcab 2022,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Tabalong H Mawardi selaku Ketua Kwarcab Tabalong dan Ketua Harian Kwarcab Tabalong Yuhani, dan seluruh pengurus Kwarcab Tabalong.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin selaku pembina Saka Bhayangkara, Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja selaku pembina Saka Wira Kartika dan dr Taufiqurrahman Hamdie selaku pembina Saka Bakti Husada.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.