Bantuan Buku Dispersip Kalsel, Gairahkan Minat Baca Siswa MA Darul Azhar

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan bantuan untuk Madrasah Aliyah (MA) Darul Azhar waktu lalu, mampu mengembalikan gairah dan semangat baca pelajar. Dengan bertambahnya stok, pilihan buku untuk siswa semakin banyak dan variatif.

PUSTAKAWAN MA Darul Azhar, Ahmad Subeki, menyebutkan, stok buku di perpustakaan memang tidak begitu banyak. Hanya berkisar 500 eksemplar saja. Buku yang mendominasi adalah pelajaran agama seperti Bahasa Arab, Ilmu Fiqih, dan Alqur’an. “Tentu saja ada juga pelajaran umum dan juga buku digital. Dengan adanya tambahan buku, siswa jadi lebih antusias mengunjungi perpustakaan,” ujarnya.

Menurutnya, penambahan buku ini mendorong minat baca adik-adik. “Ini pertanda kita perlu lebih memperbanyak lagi stok,” tambahnya. 

Ahmad Subeki berharap donasi buku untuk sekolah terus mengalir. Utamanya buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang saat ini memang tak ada, padahal ini juga menunjang pembelajaran.

BACA: Hadiri Rakor, Dispersip Tanbu Bakal Menggelar PILM

Sebelum pandemi Covid-19, lanjut Ahmad Subeki, perpustakaan sekolah aktif. Beberapa kali membuat kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan minat baca, bahkan sampai wacana pembuatan majalah dinding (mading) 3D. “Kan pandemi, adik-adik jadi sekolah online dan perpustakaan jadi vakum. Sekarang kita menyusun kembali program kerja dan melanjutkan yang sempat terhenti,” ucapnya. 

Ketua Osis MA Darul Azhar, Muhammad Rijani Ilmi, mengucapkan berterima kasih atas bantuan buku tersebut. Namun baginya stok perpustaan tetap harus ditambahkan khususnya buku LKS di bidang Biologi dan Fisika. “Menurutku lebih bagus dengan LKS, lebih diperinci dan akan lebih memudahkan,” pinta Rijani.

Rijani meminta, sekolah mengaktifkan kembali perpustakaan, bersama pengurus Osis lainnya, dirinya siap untuk membuat program dukungan. “Beberapa hal yang diwacanakan di antaranya pemilihan duta baca dan kampanye literasi dalam hal ini gerakan peningkatan minat baca,” pangkasnya.

Kepala Sekolah MA Darul Azhar, Mawardi, menambahkan, pendistribusian buku dilakukan pada 30 Mei lalu. Jumlah buku yang diterima 20 eksamplar dengan buku pelajaran terkait keterampilan dan kesehatan.

Untuk diketahui, Yayasan Darul Azhar diketuai, HM. Zairullah Azhar, yang juga Bupati Tanah Bumbu. MA Darul Azhar berdiri sejak 2005 dengan jumlah pelajar saat ini 204 orang. Sekolah swasta yang beralamat di Desa Bersujud ini berakreditasi A. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.