Naik Speedboat Polresta Banjarmasin ke Kubah Basirih, Menteri Sandiaga Uno Ikut Tradisi Baayun

0

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno naik speedboat yang disediakan Polresta Banjarmasin untuk menyusuri Sungai Martapura dan Barito menuju ke Kubah Basirih.

ROMBONGAN pun tiba di Dermaga Kubah Basirih Jalan Keramat Basirih, Jumat (3/6/2022), disambut atraksi budaya Banjar seperti tari sinoman hadrah dan tari radap rahayu untuk penyambutan tamu agung.

Sandiaga Uno yang mengenakan laung khas Banjar langsung menuju ke makam ulama berpengaruh, Habib Hamid bin Abbas Bahasyim yang dikenal dengan Habib Basirih.

Bahkan, Sandiaga dan rombongan menyempatkan diri untuk berziarah ke pusara Habib Basirih, hingga mengikuti tradisi baayun maulid di Mushala Habib Hamid bin Abbas Bahasyim dengan iringan tabuhan terbang dan syair-syair Maulid Habsyi. Bahkan, Menteri Sandiaga sempat berdialog dan mengunjungi TK Khadijah Kubra.

BACA : Dikunjungi Menteri Sandiaga Uno, Walikota Ibnu Sina Target Kubah Basirih Masuk 10 Besar ADWI

Kawasan Kubah Basirih masuk dalam destinasi wisata yang dikelola pokdarwis telah masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Menpar Sandiaga Uno juga menyerahkan piagam penghargaan 50 ADWI untuk Pokdarwis Kubah Basirih serta menandatangani prasasti serta cenderamata.

“Saya minta agar Kubah Basirih tetap dijaga keunikan apa adanya seasli mungkin dan harus terus bersih,” ucap mantan calon Wakil Presiden RI pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ini.

Sandiaga mewanti-wanti agar pengelolaan wisata religi Kubah Basirih tetap konsisten, bukan hanya ada even ketika pejabat pusat datang ke tempat itu. “Ini demi kenyaman para peziarah dan wisatawan akan bisa ikut menikmati suasana yang nyaman di Kubah Basirih,” katanya.

BACA JUGA : Tradisi Baayun Maulid di Kubah Basirih Diikuti Warga Pekanbaru

Kedatangan Sandiaga juga untuk menilai Kubah Basirih yang akan masuk dalam 10 besar ADWI 2022 pada 4 Juni 2022 nanti. Bahkan, Kubah Basirih didorong masuk dalam jaringan wisata halal Indonesia yang ada di Banjarmasin.

Menparekraf Sandiaga Sahaluddin Uno saat menaiki speeboat Satpolair Polresta Banjarmasin menyusuri perairan Sungai Barito. (Foto Istimewa)

Usai menerima piagam penghargaan 50 desa wisata terbaik ADWI 2022, Walikota Ibnu Sina berharap dari kunjungan Menteri Sandiaga dan rombongan juri bisa membawa kabar gembira bagi Banjarmasin.

“Sebab, penilaian ADWI tahun 2022 ini sampai September 2022, semoga penilaian terhadap Kubah Basirih yang jadi destinasi wisata andalan Banjarmasin  masuk nominasi 10 besar,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Langganan Kena Banjir Rob, Kawasan Kubah Habib Basirih Kembali Terendam

Menurut Ibnu Sina, pihak Kemenparekraf pun siap membantu Banjarmasin untuk pendirian homestay (rumah wiata), termasuk rumah lanting yang menjadi bagian dari era wisata religi Kubah Basirih.

“Jadi, para peziarah atau wisatawan yang datang bisa menginap di homestay atau rumah lanting. Ini tentu butuh kerja sama dengan pihak swasta dan pebisnis perhotelan di Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina.

Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumitro mengatakan pihaknya menyediakan speedboat dari Satpolair Polresta Banjarmasin untuk rombongan Menteri Sandiaga. Termasuk, pengawalan dari personel kepolisian.

“Kami hadir untuk bersinergi dengan TNI dan Pemkot Banjarmasin agar agenda ini berjalan aman dan kondusif,” ucap perwira menengah Polda Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.