Jaga Pasokan Obat, Banjarmasin Kini Punya Gedung Instalasi Farmasi Besar Selevel Provinsi

0

BANJARMASIN kini punya gudang obat-obatan dan farmasi dikelola Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin. Ini setelah cukup lama disimpan hanya di kantor dinas atau gudang lainnya.

GEDUNG instalasi farmasi di Jalan Lingkar Dalam Selatan, Kelayan Selatan ini diklaim memiliki kapasitas besar bahkan selevel milik Pemprov Kalsel.

Gudang farmasi ini dibangun lewat dana alokasi khusus (DAK) APBD Banjarmasin tahun 2021 senilai Rp 7,4 miliar, hingga akhirnya dinego kontraktor pemenang tender PT Lufhfiatma Jaya Mandiri Konstruksi dari Banjarbaru seharga Rp 6,4 miliar lebih.

Walikota Ibnu Sina langsung meresmikannya didampingi Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakot Banjarmasin Machli Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan Bajarmasin Muhammad Ramadhan, Camat Banjarmasin Selatan Firdaus dan jajarannya, Jumat (3/6/2022). Mereka pun langsung memasuki area gudang penyimpanan obat-obatan, vaksin dan lainnya di Gedung Instalasi Farmasi Banjarmasin.

BACA : Gerai Vaksinasi Disebar di Pusat Keramaian, Dinkes Kalsel Siapkan Stok Vaksin

Menurut Ibnu Sina, dengan hadirnya gudang farmasi yang memiliki kapasitas besar, bisa menjaga stok obat-obatan, vaksin dan lainnya.

“Instalasi farmasi ini sangat penting, karenya harus dikelola dengan baik lewat perlakuan khusus oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina, usai memotong pita rangkaian bunga.

BACA JUGA : Sedot Dana Lebih Rp 6 Miliar, Instalasi Farmasi Dinkes Banjarmasin Akhirnya Rampung

Mantan anggota DPRD Kalsel dari PKS ini, dengan adanya gudang penyimpanan obat-obatan dan vaksin serta lainnya, maka Banjarmasin bisa menghadapi berbagai persoalan. Seperti pandemi Covid-19 maupun pasca pandemi.

“Sebab, kualitas obat-obatan, vaksin dan lainnya akan terjaga. Bahkan, bisa meningkatkan mutu layanan kesehatan di kota ini,” ucap Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini.

Untuk pengelolaan pun langsung diserahkan ke UPT Gudang Instalasi Farmasi di bawah kendali Dinkes Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.